Esports.ID

Pengurus Besar Esports Indonesia Resmi Dilantik, Siapa Saja Terlibat?

Basitullah
19/01/2020 00:09 WIB
Pengurus Besar Esports Indonesia Resmi Dilantik, Siapa Saja Terlibat?

Jika pada acara Simposium Esports Indonesia tahun lalu, Ketua Umum KONI menyatakan tekadnya dalam menata persiapan pembentukan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), sepertinya awal tahun 2020 ini jadi momen baik untuk merealisasikannya. Berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski (18/1), pelantikan Pengurus Besar Esports Indonesia periode 2020 - 2024 yang dipimpin oleh Jenderal Pol (P) Budi Gunawan selaku Ketua Umum PB ESI, sukses diselenggarakan.

Dalam sambutannya, Budi Gunawan memperlihatkan data yang menyatakan bahwa esports di Indonesia memiliki pertumbuhan yang pesat dengan potensi yang begitu besar. Sehingga beliau yakin bahwa ajang pelantikan Pengurus Besar Esports Indonesia ini akan jadi momentum perkembangan esports ke arah yang lebih positif. Hal tersebut juga semakin diperkuat berkat banyaknya torehan prestasi yang diraih para atlet esports di Indonesia pada tiga tahun ke belakang, mulai dari RRQ Endeavour juarai PBIC di 2017 hingga yang paling baru adalah prestasi medali perak Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2019.

Meskipun Pengurus Besar Esports Indonesia digodok dalam kurun waktu yang cukup singkat (3-4 bulan) sejak dicanangkan pada Oktober tahun lalu, organisasi yang berada di bawah naungan KONI ini punya nama-nama yang cukup berpengaruh. Tampak hadir di acara pelantikan PB ESI dua sosok kenamaan Indonesia yang bertugas sebagai Dewan Pembina, yaitu Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI dan Sandiaga Salahuddin Uno. Berada satu meja dengan mereka, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketum KONI Marciano Norman dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan turut serta hadir untuk mendukung dilantiknya PB ESI periode 2020 - 2024 ini.

Stakeholder Esports sudah pasti dilibatkan, tamu undangan cukup banyak juga dihadiri oleh perwakilan tim esports, asosiasi, EO, serta para penggiatnya yang sudah lama eksis di industri ini. Anggota dari PB ESI sendiri merupakan nama-nama yang kiprahnya cukup banyak menghiasi panggung esports di Indonesia, seperti Andrian Pauline (Rex Regum Qeon), Gary Ongko (BOOM Esports), Hartman Harris (EVOS Esports), Ashadi Ang (UniPin), Ricky Setiawan (GGWP), Giring Ganesha (IESPL), dan lain sebagainya. Mereka akan saling bersinergi dengan beberapa anggota kompeten lainnya yang sedikit banyak terlibat dalam pemerintahan, untuk mencapai satu tujuan yang sama dalam mengembangkan potensi esports di Indonesia yang begitu besar.

Pengurus Besar Esports Indonesia di bawah kepemimpinan Budi Gunawan akan berinovasi dan fokus pada tiga hal penting, mulai dari peningkatan prestasi, pengembangan ekosistem, hingga peningkatan dampak ekonomi industri esports. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa hal yang dirasa sebagai pondasi akan dilakukan, seperti penyusunan regulasi esports, peningkatan anggaran pembinaan untuk atlet, pembangunan esports training center & venue esports arena, peningkatan kompetisi esports baik liga ataupun tingkat dunia, serta pengembangan platform digital esports.

Melihat program yang dicanangkan, sepertinya PB ESI akan benar-benar sibuk ke depannya dalam memajukan esports di Indonesia. Bagaimana menurut pendapatmu Sobat Esports?