IES Ligagame

Peduli Sesama! Gamer Galang Aksi Sosial Bantu Korban Bencana

Billy Rifki
07/01/2020 08:20 WIB
Peduli Sesama! Gamer Galang Aksi Sosial Bantu Korban Bencana
Kasus kebakaran di Australia tengah menjadi perhatian dunia saat ini; sumber foto: Instagram, dexerto, antaranews

Tahun baru 2020 diawali dengan tragedi. Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir besar yang berdampak pada 409.000 orang membuat mereka harus kehilangan harta benda serta 397.171 diantaranya terpaksa mengungsi dan sejauh ini diperkirakan 43 orang meninggal.

Di Australia, kebakaran lahan semak tak kalah hebat jadi perhatian dunia. Langit memerah akibat api yang telah melahap lebih dari 12 juta hektar lahan dan memusnahkan 500 juta hewan di sana. Para penduduk tak kalah rugi akibat sekitar 3000 bangunan hancur dan 24 orang dikabarkan meninggal.

Bantuan datang dari berbagai pihak untuk meringankan beban pada korban, termasuk para gamer turut membantu dengan mengadakan aksi sosial. Seperti yang dilakukan oleh komunitas gamer bogor, mereka mengajak relawan untuk membantu membersihkan lokasi bencana, sekaligus menyumbang logistik berupa makanan, baju layak pakai hingga uang hasil donasi para relawan.

Tidak hanya komunitas lokal, organisasi esports ternama tanah air, EVOS Esports juga kembali hadir dengan Posko EVOS Hope. Mereka menyumbangkan crate logistik berisi makanan, alat medis serta perlengkapan kebersihan termasuk baju-baju handuk dan selimut.

Sementara untuk tragedi kebakaran yang terjadi di Australia, puluhan streamer, content creator, professional gamer hingga publisher membantu dengan menyumbang dana melalui aksi komunitas gamer setempat seperti The Click Crew, Gamer Aid Australia dan Gener0Zity. The Click Crew misalnya, komunitas ini sukses mengumpulkan donasi sebanyak $250.000 atau sekitar Rp 3,4 milyar dalam aksi marathon streaming selama 36 jam. Dana tersebut bahkan terkumpul hanya dalam waktu setengahnya saja. Bantuan akan dikirimkan pada Rural Fire Service di Australia.

Para streamer seperti Pokimane dan DrLupo mengajak pada penontonnya untuk menyumbang meringankan krisis di Australia. Beberapa gamer bahkan meminta publisher game untuk merilis kosmetik khusus dan membuat kampanye terkait krisis Australia untuk mereka beli.

Youtuber, gamer dan owner tim esports, Reza Arap juga kedapatan turut menyumbang untuk kebakaran di Australia. Dalam twitternya, ia menyebutkan telah menyumbang sejumlah uang untuk membantu korban disana. Sebelumnya, pada tahun lalu, Reza Arap, Bangpen dan kawan-kawan gamer lain juga andil dalam membantu korban kebakaran di Kalimantan lewat aksi maraton main gim selama 24 jam.

Solidaritas dari para komunitas gamer ini tentunya menepis stigma apatis yang dibebankan pada mereka selama ini. Terbukti, masih banyak kawan-kawan kita yang begitu peduli dan berhati mulia menolong sesama. Tentunya kita juga bisa membantu dengan turut menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan agar bencana serupa tak terulang di masa mendatang. 

Mari beraksi demi lingkungan dan sesama Sobat Esports!