IES Ligagame

Mau Jadi YouTuber? Ikuti Langkah Ini & Buat Konten Sekarang!

Billy Rifki
04/02/2020 11:19 WIB
Mau Jadi YouTuber? Ikuti Langkah Ini & Buat Konten Sekarang!
how to be pro gamer

Jaman sekarang sudah banyak profesi-profesi baru yang dicita-citakan banyak anak muda, salah satunya menjadi YouTuber. YouTuber adalah orang yang membuat konten video di kanal YouTube dan ada banyak alasan kenapa orang ingin mendalami profesi ini.

Setidaknya lima keuntungan bisa kamu dapatkan. Pertama, monetisasi lewat iklan-iklan Google yang mampir di video hits-mu, kamu berkesempatan membuat sesuatu yang berhubungan dengan hobimu seperti bermain video game, punya kehidupan bak artis apabila subscriber-mu meroket, kepuasan batin ketika karyamu dihargai atau dikritik orang lain dan terakhir, jam kerja fleksibel yang tak mungkin dimiliki karyawan kantor.

Nah, kamu sudah tahu apa saja keuntungan jadi YouTuber. Lantas, apa yang harus kita persiapkan?

Kamu harus membuat akun YouTube dulu, ini sangatlah mudah karena cuma login ke YouTube, mendaftarkan email lalu ikuti prosedur administrasinya.

Kemudian persiapkan perangkat editing video di laptop atau computermu. Tak masalah bila kamu mahir atau tidak, karena kamu bisa berkarya sambil belajar jadi jangan terburu-buru.

KONSEP & PERSIAPAN

Setelah itu kita masuk ke tahap lepas landas. Apapun konten yang kamu buat akan berbentuk video dan kamu harus bisa mengeditnya, setidaknya untuk tahu jenis-jenis potongan video yang baik untuk ditampilkan. Kecuali, kamu punya budget terpisah untuk menyewa video editor.

Tapi kalau kamu bekerja mandiri, ada beberapa software editing untuk digunakan dan ramah pemula. Contohnya Final Cut Pro, Adobe Premiere atau iMovie yang jadi pilihan konten kreator berbudget tipis. Bingung cara operasinya? Buka saja YouTube dan pelajari berbagai tutorial editing dari sana. Jangan pernah berhenti belajar!

Oke, sekarang proses pembuatan video dan kamu butuh pembuka yang bagus. Berdasarkan konten-konten yang sering kamu saksikan, mereka semua punya opening yang catchy sehingga membuat orang ingat.

Perbanyak inspirasimu agar bisa melahirkan karya orisinil. Tak masalah bila hasil buatanmu dianggap punya banyak pengaruh dari kreator tertentu, namun pastikan kamu punya kekhasan tersendiri sehingga orang bisa membedakan dirimu dan YouTuber lain dengan tema sejenis.

Hal lain yang membantu membuat orang tertarik singgah ke channel-mu adalah judul yang menggugah. Beberapa YouTuber menyematkan unsur seksisme sebagai penarik, ada yang mencoba tema kontroversial. Apapun itu, buat dirimu seakan  penonton dan kalimat apa yang akan mengundang ketertarikanmu.


source:google.com

Tak lupa, konten yang kamu buat mayoritas hanya mengundang orang-orang dengan selera yang sama. Coba up to date dengan isu dan perubahan terkait konten garapanmu, siapa tahu kamu bisa membuat orang dengan segmentasi berbeda ikut berlangganan.

Konsep dan rencana sudah selesai, sekarang saatnya menentukan jadwal streaming atau upload. Jaga konsistensimu dan mengikuti pola rutin agar subscriber-mu tahu kapan kamu muncul menghibur mereka. Kalian tak perlu harus memaksakan diri di awal upload, justru coba analisa bagaimana respon viewer apakah mereka tertarik dan menunjukan progres baik atau stagnan. Tindakan selanjutnya berangkat dari analisa tersebut.

PERANGKAT YOUTUBER

- PC

Perangkat ini ibarat jantungmu. Coba tata komputermu dengan meja dan letakan CPU dibawah agar tak banyak ruang terpakai dibagian atas. Bagaimanapun, kalian adalah bintangnya dan orang harus melihat kalian lebih jelas.

- Monitor

Kamu bisa melakukan stream sambil memantau komentar dilayar terpisah. Memiliki lebih dari dua monitor sangat membantu apalagi kalau kamu YouTuber gaming.

- Perangkat Lainnya

Kalau kamu punya PC sebaiknya kelengkapan seperti mouse, keyboard dan lainnya sudah dipenuhi. Lebih keren lagi kalau semua punya embel-embel gaming. Tapi jaman sekarang, tak ada salahnya kamu menyediakan gaming phone, konsol beserta kontrolernya tergantung dengan jenis game apa yang kamu tekuni.

- Pencahayaan

Tak perlu berpikiran membeli lampu-lampu shooting yang mahal. Kamu tidak akan menerangi satu studio streamingmu, cukup hanya wajah atau badan sehingga mereka melihatmu dengan jelas.

- Mic

Interaksi dengan penggemar juga tak kalah penting menciptakan fanbase yang solid. Bahkan bila kita mengapresiasi mereka dengan menuruti saran dari fans atau hal lainnya, tak jarang mereka setia dan mendukung kita setiap mengeluarkan konten. Kalau mic-mu terlalu bagus dan menyerap banyak suara yang tak diinginkan, coba lapisi tembok rumahmu dengan kain-kain untuk meredam suara.


source:google.com

- Video Camera

Terakhir, perangkat ini penting untuk memperlihatkan wajah tampan/cantikmu pada subscriber. 

Itu dia langkah-langkah jadi YouTuber, khususnya yang doyan gaming. Tidak sulit sama sekali bukan?