Esports.ID

Anti-Ribet! Tiga Langkah Memulai Streaming di Twitch

Billy Rifki
06/02/2020 14:53 WIB
Anti-Ribet! Tiga Langkah Memulai Streaming di Twitch
how to be a pro gamer

Sejak kemunculannya di tahun 2011, Twitch jadi salah satu platform para gamer untuk menunjukan keahliannya. Tak cuma bisa pamer kemampuan, lewat Twitch kamu bisa berinteraksi dengan orang lain sambil mengumpulkan donasi untuk mendukung aktivitas gaming-mu.

Berbeda dengan YouTube yang menekankan pada aspek editing, Twitch menyiarkan momen bermainmu secara langsung sehingga kamu tak perlu banyak-banyak melakukan kerja belakang layar.

Namun, tetap ada hal yang musti disiapkan lebih dulu sebelum mulai streaming. Apa saja sih?

- Membuat Overlay
Overlay adalah grafis yang menjadi informasi bagi para viewermu tentang banyak hal. Mulai dari nama stream-mu, sosial media untuk mencari informasi tentang dirimu sampai nama donatur.

Terlebih dulu, mendaftarlah jadi bagian dari Twitch agar bisa membuat overlaymu sendiri. Kamu bebas berkreasi dengan hasil akhirnya tapi usahakan overlay buatanmu menonjolkan sebuah kepribadian unik tentang gaya stream-mu nantinya.

Kalau kamu kurang handal dalam urusan menghias sesuatu, jangan khawatir karena ada jenis overlay yang bisa kamu beli untuk dikostumisasi, setidaknya tidak mulai dari nol.

Berikut beberapa hal yang perlu ada dalam overlaymu:

- Nama Channel
Agar orang tahu harus menyebutmu dengan panggilan apa, sertakan juga logo yang ikonik tentang kamu.

- Jaringan Media Sosialmu
Biar orang mencari informasi tentang kamu di media lain selain gaming platform

- Kolom untuk Menampilkan Wajahmu
Ada trik khusus dalam menampilkan wajahmu. Kalau kamu ingin jadi streamer yang menghibur, perbesar jendela wajah di layar, kecuali kamu ingin menonjolkan kerennya permainanmu, maka kecilkan jendela tersebut agar viewer bisa menikmati aksimu lebih jelas

- Bagan Penyumbang Terbesar
 Beri pendukung terbesarmu apresiasi yang setimpal dengan menampilkan namanya dalam stream

- Donasi Terbaru
Donatur lainnya pun wajib kamu salami ketika sumbangan mereka mampir ke channelmu

- Pengikut Terbaru
Sama dengan tampilan donatur terbaru, tak ada salahnya kamu munculkan notifikasi follower terbaru agar lebih semangat saat streaming

Nah, kalau overlaymu selesai maka tahap selanjutnya adalah membuat studio untuk streaming. Kamu memerlukan pencahayaan yang memadai, mic atau headset gaming dan backdrop yang pantas.

Kalau sudah selesai, segera streaming dan nikmati momennya. Seperti YouTube, kamu harus konsisten untuk mendapatkan penggemar. Jadi, jangan khawatir kalau kamu tidak menimbulkan sensasi sepertu yang kamu harapkan.

Konsisten untuk main dijadwal yang ditentukan, berinteraksilah dengan siapapun orang yang menontonmu dan jangan lupa nikmati permainannya.

Mudah juga ternyata jadi streamer di Twitch ya, ada yang tertarik sobat Esports?