IES Ligagame

Coronavirus Bikin Pengguna Steam Menanjak, Tembus Rekor Baru!

Rendy Lim
16/03/2020 11:18 WIB
Coronavirus Bikin Pengguna Steam Menanjak, Tembus Rekor Baru!
Sepertinya mereka yang terpaksa berada di rumah memilih untuk bermain game

Meningkatnya kasus Coronavirus diberbagai belahan dunia membuat pemerintah memutuskan melarang warganya untuk mengurangi aktifitas di luar, menganjurkan agar melakukan kegiatan baik bekerja atau belajar dari rumah. Namun tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk bermain game favorit mereka, terlihat dari peningkatan jumlah akses di salah satu platform game PC, Steam.

Akhir pekan kemarin, Steam Statistic Tracker mencatat puncak pengguna Steam menyentuh angka 19.728.027 pemain. Jumlah ini bahkan memecahkan rekor bulan lalu yang hampir mencapai angka 18 juta. Beberapa judul game seperti Dota 2 dan CS:GO juga tampak kembali 'hidup'.  

Pada peringkat pertama, game First Person Shooter (FPS) Valve, CS:GO berhasil menembus angka 1 juta concurrent player, mengalahkan capaian mereka di bulan Februari silam. Kedua, MOBA populer Dota 2 bertengger di sekitaran 700.000 pemain dan terakhir PUBG PC juga mencetak peningkatan mencapai 525.000 pemain di waktu bersamaan. 

Peningkatan pemain ini diperkirakan adalah akibat dari peningkatan tingkat kewaspadaan wabah Corona. Sejak ditetapkan statusnya sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO), terlihat jumlah pasien terjangkit meningkat drastis mulai di Amerika, Eropa, Asia, hingga Indonesia. 

Tindakan pencegahan dengan mengurangi aktifitas di luar rumah membuat sebagaian besar dari mereka lebih memilih menghabiskan waktu bermain game favoritnya. Jadi, tidak heran jika akhir-akhir ini kita bakal melihat jumlah gamer akan meningkat. 

Scene esports juga terkena dampak dari Coronavirus, tidak sedikit turnamen dan acara internasional yang harus batal, diundur, ataupun dialihkan ke online. Namun, itu semua tentu demi mencegah wabah ini semakin tidak terkontrol. Di Indonesia sendiri, per tanggal 16 Maret tercatat sudah ada 117 kasus Corona. 

Sepertinya untuk saat ini tidak ada salahnya mengurung diri di rumah terlebih dahulu hingga wabah ini terkontrol yah, kamu setuju Sobat Esports?