IES Ligagame

Makin Yakin! Esports Jadi Cabang Olimpiade di AIMAG Thailand 2021

Billy Rifki
11/03/2020 13:27 WIB
Makin Yakin! Esports Jadi Cabang Olimpiade di AIMAG Thailand 2021
esports observer

Thailand makin serius menjadikan esports sebagai salah satu kegiatan resmi negara. Setelah proses eksebisi kala Asian Games 2018 di Jakarta, kini Asian Indoor dan Martial Art Games (AIMAG) di Pattaya, Thailand secara resmi jadi cabang olahraga bermedali.

Keputusan ini disepakati usai pertemuan yang diselenggarakan oleh Asian Electronic Sports Federation (AESF), Thailand Electronic Sports Federation dan Komite Olimpiade di Thailand. Hasilnya, untuk tahun 2021, esports merupakan bagian olimpiade AIMAG yang merebutkan medali.

AIMAG adalah event olahraga indoor terbesar Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali oleh Dewan Olimpiade Asia. Tapi ternyata, esports pernah dipertandingkan sebelumnya di Asian Indoor Games tahun 2007 dan 2009 termasuk AIMAG 2013, kala itu cabang olahraga indoor dan cabang bela diri masih terpisah dan dilaksanakan pada tahun yang berbeda.

Kemudian, game macam Hearthstone, Starcraft II, The King of Fighters XIV serta DOTA 2 jadi salah satu kontestasi uji coba olahraga baru di AIMAG 2017. Sayangnya, belum ada kepastian tentang game apa yang akan dipertandingkan tahun 2021 nanti. Kemungkinan, dengan merebaknya pasar smartphone gaming di Asia Tenggara, beberapa opsi seperti Mobile Legends atau Arena of Valor bakal jadi pertimbangan utama.

Tentu berita ini jadi kabar baik jelang perayaan Asian Games 2022 di Huangzhou, Cina. Apalagi masih terjadi tarik ulur soal layak tidaknya esports masuk sebagai kategori olahraga.

Kira-kira game apa saja yang bakal dipertandingkan di AIMAG 2021 yah?