IES Ligagame

Tiada Event Olahraga Buat Esports Jadi Hiburan Favorit

Billy Rifki
20/03/2020 12:32 WIB
Tiada Event Olahraga Buat Esports Jadi Hiburan Favorit
various sources

COVID-19 berdampak luas pada manusia, tak cuma mengancam kesehatan namun sisi hiburan masyarakat. Bagi pecinta olahraga, sangat disayangkan karena banyak event yang dihelat tanpa penonton bahkan dibatalkan. Begitu pun event esports. Tapi fenomena yang lahir dari perkembangan teknologi internet ini masih punya cara untuk menghibur orang.

Esports adalah hiburan masa kini yang sejatinya lebih mengedepankan penonton online atau streaming. Sehingga, tiap kompetisi game ini tak perlu repot-repot menyiapkan stadium megah tiap minggu untuk kepentingan fans on the spot.

Bagi yang suka olahraga dan kecewa dengan ketiadaan aksi-aksi menarik dari pemain terbaik dunia bisa menjadikan esports sebagai alternatif tontonan.

Lantas, game apa yang harus mereka saksikan?

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam game populer. Seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Arena of Valor, DOTA 2 sampai CS:GO. Mereka yang masih mau terkoneksi dengan jiwa-jiwa olahraga tradisional, bisa mencari tayangan kompetisi PES atau FIFA.

Menonton esports online jauh lebih sederhana ketimbang menyaksikan event olahraga langsung. Tidak meributkan soal tiket dan berdesakan. Kita tetap bisa bersorak ramai-ramai dengan keluarga atau teman.

Bila anda kebetulan suka dengan Mobile Legends tapi tak pernah menonton siaran kompetisinya, kamu bisa coba menyaksikan Mobile Legends Professional League Season 5 yang saat ini mendekati akhir musim reguler. Indonesia adalah juara dunia Mobile Legends tahun lalu, sehingga menonton pemain-pemain berkualitas di MPL Season 5 pasti bisa menghibur kamu di rumah.

Bagi yang suka tembak-tembakan atau battle royale, bisa pantau terus PMPL atau PUBG Mobile Professional League yang diikuti 24 tim PUBGM terbaik tanah air. Saat ini, minggu 3 sedang bergulir tapi belum terlambat untuk mempelajari strategi para profesional mendapatkan chicken dinner dengan spektakuler.

Kalau suka sepakbola, kalian juga pasti tahu game legendaris di Indonesia yang sangat populer di tahun 2000-an yaitu PES. Kini, sengitnya persaingan pemain tak cuma ramai di rental-rental saja, tapi sampai kejuaraan dunia loh. Indonesia punya banyak wakil berbakat yang kini juga sedang berkompetisi di Toyota e-League di Thailand.

Bahkan untuk yang hardcore seperti pecinta DOTA 2 atau CS:GO, sekarang waktu yang tepat nih untuk menghabiskan waktu di rumah untuk menyaksikan kembali tim esports jagoanmu berlaga. Untuk DOTA 2, bakal ada WePlay/WeSave Charity match yaitu kompetisi amal untuk membantu meringankan beban akibat wabah Corona. Pesertanya pun bukan tim ecek-ecek, OG dan Secret sudah menyatakan keikutsertaannya.

Untuk CS:GO, ESL Pro League Season 11 masih bergulir saat ini dan bisa kalian saksikan melalui YouTube atau Twitch.

Jadi, jangan khawatir kamu bakal "mati gaya" karena ngga bisa kemana-mana dan kebosanan. Ada banyak sajian esports menemani sampai situasi virus di Indonesia dan dunia mereda. Semoga semua lekas kembali seperti semula ya...