IES Ligagame

WHO Anjurkan Main Game untuk Cegah Stres & Penyebaran Corona

Billy Rifki
26/03/2020 12:05 WIB
WHO Anjurkan Main Game untuk Cegah Stres & Penyebaran Corona
WHO

Efek COVID-19 tak cuma membahayakan bagi korban yang terdampak. Hampir seluruh lapisan masyarakat mengalami kepanikan masal karena keterbatasan pola hidup yang terjadi. Beberapa orang bahkan mengalami tingkat stres tinggi karena himpitan ekonomi, rasa panik untuk beraktivitas dan lain hal.

World Health Organization atau WHO memberikan "tips" kepada masyarakat yang masih sehat untuk menjalani kehidupan seperti biasanya, namun dengan tata cara yang sesuai agar tak terjangkit atau jadi penyebar virus Corona.

Dari lima langkah yang dianjurkan, bermain game jadi salah satu himbauan WHO. Cukup mengejutkan karena WHO sendiri pernah mengatakan kalau bermain game berpotensi menyebabkan penyakit jiwa serius bahkan memicu pada penyimpangan.

Ternyata, unsur hiburan dalam bermain game bisa menjadi obat tersendiri yang tak WHO sadari sebelumnya. Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam briefing pembuka kepada media tanggal 20 Maret lalu tentang situasi wabah Corona terkini.

Ia memulai dengan kalimat positif kalau di kota lahir COVID-19, Wuhan saja para penderita bisa sembuh, apalagi kita yang hanya tertular. Namun, ia menekankan agar setiap orang waspada karena manusia tidak kebal penyakit.

Ia khawatir karena lebih banyak anak muda berusia di bawah 50 tahun yang memerlukan penanganan medis akibat Corona. Untuk itu, beberapa anjuran yang ia sampaikan adalah :

1. Menjaga pola hidup dan makan-makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh

2. Batasi konsumsi alkohol dan yang mengandung kandungan gula

3. Jangan merokok, karena bisa meningkatkan resiko penyakit lain ketika terjangkit COVID-19

4. Tetap berolahraga, minimal 30 menit untuk dewasa dan sejam untuk anak-anak. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah. Bila perusahaan mengizinkan karyawan kerja dari rumah, jangan terlalu lama duduk dalam posisi yang sama.

5. Terakhir, jaga kesehatan mental untuk menghindari stres, panik atau bingung di saat genting seperti ini. Dengarkan musik, membaca buku dan bermain game bisa jadi alternatif kegiatan untuk menghibur kalian. Terlebih, bermain game kini bisa dimainkan berbarengan dan memiliki fitur komunikasi yang memadai.

Tuh kan Sobat Esports, WHO sudah menganjurkan agar kita tetap waspada agar tidak ikut tertular Corona. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperbanyak main bareng teman-teman secara online karena dengan begitu saja sudah bisa membatasi penyebaran virus yang lebih luas.