LINE POD - MAVIS

Sensasi Nyata! Ini Ragam Alat Simulasi Game Olahraga Esports

Billy Rifki
28/04/2020 11:20 WIB
Sensasi Nyata! Ini Ragam Alat Simulasi Game Olahraga Esports
rockpapershootgun.xom, simxperience.com

Wabah Corona membuat berbagai aktivitas industri dan hiburan terhenti. Salah satunya adalah kegiatan olahraga seperti balap mobil atau motor, tour sepeda dan sepakbola. Namun, pihak penyelenggara beradaptasi dengan mengubah tata cara kegiatan menjadi digital alias esports.

Tentu, memainkan olahraga seperti balap mobil, motor dan sepeda tidak bisa cuma dilakukan menggunakan controller game biasa. Oleh karena itu, mereka mengadopsi sistem simulasi agar sensasi pertandingan makin terasa real dan efek olahraganya terasa. Kira-kira, ada apa saja sih alat simulasi esports yang sudah digunakan saat ini?

- Simulator Balap Mobil

Untuk balapan seperti F1, Nascar atau IndyCar, sudah tersedia berbagai macam simulator balap yang punya model sesuai kokpit dari jet darat mereka. Bahkan, alat ini tak cuma menampilkan visualisasi balapan saja, namun mereplika realita yang terjadi seolah kamu berada dalam mobil balap betulan.

Sebagai contoh, SimXperience Stage 5 mampu menghasilkan efek rear traction loss atau ngepot terutama di jalanan licin juga memberi getaran seperti bagian belakang mobil yang melompat akibat akselerasi singkat.

Dalam salah satu penuturan pembalap IndyCar, Robert Wickens mengatakan kalau hasil berbenturan maya menggunakan alat simulasi ini berpotensi menimbulkan cidera serius bila kamu tidak berhati-hati karena efek getaran dari perangkat.

- Simulator Balap Motor

Tak cuma mobil, untuk balap roda dua pun sudah tercipta simulasinya. Salah satunya hasil kerjasama pabrikan ban terkenal Michelin dengan Simtechpro. Alat ini tidak dibuat ngasal karena melibatkan mekanik dari tim resmi Yamaha yakni Alex Crivillé dan Javier Ullae, didampingi oleh Kini Muntada yang sudah tak asing menciptakan sistem-sistem simulasi di ajang balap motor.

Pada perangkat ini, pengguna bisa merasakan sensasi balap di semua sirkuit yang ada di dunia. Selain itu, pembalap memungkinkan untuk menikung pada sudut kemiringan motor sampai 60 º. Pedal gas, rem dan persneling yang dibuat sedemikian rupa makin menciptakan nuansa nyata pembalap di Moto GP.

- Simulator Balap Sepeda

Salah satu olahraga yang turut bertransformasi menjadi esports adalah balap sepeda. Event seperti tur-tur negara yang kerap dihelat tiap tahun sayangnya harus terhenti kali ini akibat wabah. Tapi tak perlu khawatir, karena sensasi balapan di pedesaan Eropa bisa tetap kamu rasakan menggunakan alat ini.

Ambil contoh Zwift, yang telah menyelenggarakan turnamen Zwift eRacing Championship tahun lalu. Sejatinya, turnamen ini adalah yang paling nyata dengan olahraga betulan karena menyambungkan alat fitness sepeda dengan aplikasi Zwift yang terinstal di gadget seperti laptop, smartphone atau tablet.

Zwift tak cuma bisa digunakan untuk sepeda saja, kamu bisa menghubungkan Zwift untuk lari pagi di treadmill agar lebih menghibur. Terlebih, aplikasi ini berusaha menghubungkan komunitas pesepeda atau pelari dalam dunia maya sehingga cocok sekali digunakan saat wabah Corona. Bila kamu memainkan mode balapan dengan orang lain, akan tersedia power up yang punya efek-efek seru untuk digunakan. Wah, ada-ada saja!

Itu dia beberapa alat simulasi yang digunakan untuk esports cabang balapan. Tentunya, tidak seperti game lain yang hanya membutuhkan smartphone atau kontroller, mengaktualisasi jenis olahraga tertentu butuh alat yang tepat agar sensasi olahraganya lebih nyata. Apa kamu tertarik mencoba salah satunya?