LINE POD - MAVIS

Apa Sih Bedanya Main di Twitch dan Mixer? Shroud Punya Jawabannya!

Rendy Lim
27/04/2020 10:32 WIB
Apa Sih Bedanya Main di Twitch dan Mixer? Shroud Punya Jawabannya!
Kamu lebih suka Twitch atau Mixer Sobat Esports?

Streamer FPS terkenal Shroud memulai karir siaran gamingnya melalui platform baru, Mixer. Setelah menghabiskan waktu panjang bersama Twitch, ia memutuskan pindah di tahun 2019 lalu.

Kini, sudah 6 bulan ia aktif streaming konten game bersama Mixer, Shroud pun mengungkapkan perbedaan paling terasa antara Twitch dan Mixer. Apa sih bedanya?

Menurut Shroud, penonton di Mixer dan Twitch punya ekspektasi dan tuntutan yang berbeda ketika menyaksikan seseorang melakukan stream. Di Mixer, hampir setiap viewer hanya ingin menyaksikan tayangan gaming dan bukan hal lainnya.

Sementara di Twitch, pemirsa cenderung permisif ketika ada gamer yang hanya live untuk berbincang-bincang. Toh, menurutnya hal itu wajar bagi gamer atau konten kreator gaming melakukan interaksi yang lebih intim kepada penggemar agar tercipta koneksi yang nyata.

Namun, penonton Mixer lebih sering mempertanyakan soal “kapan kamu akan bermain?” Atau “kapan kamu akan memainkan game ini?”. “Mixer lebih terasa hasrat gamingnya. Orang di platform ini sudah jelas menginginkan 100% konten gaming dibandingkan hal lainnya” tutur Shroud.

Shroud pun sejatinya tak terganggun dengan tuntutan tersebut karena itu hal yang wajar dari viewer. Hanya saja, sebagai streamer yang sudah berkarir lama, ada kalanya seorang gamer merasakan jenuh untuk bermain game.

Shroud berharap para pemirsanya bisa mengerti makna kelelahan dan jenuh akibat terlalu sering bermain game, karena mereka pun pasti pernah merasakanya. Terkadang untuk bisa santai sejenak dan bertanya sesuatu kepada streamer favoritmu juga bisa jadi hal yang menyenangkan loh!

Meski kerjaannya 'hanya' bermain game, namun jika dilakukan terus menerus tentu akan ada rasa bosannya. Betul ga Sobat Esports?