LINE POD - MAVIS

Khasiat Main Game Esports Mampu Kembangkan Soft Skill

Billy Rifki
30/04/2020 08:45 WIB
Khasiat Main Game Esports Mampu Kembangkan Soft Skill
Esports.ID

Game esports punya beragam macam genre yang menawarkan sensasi keseruan berbeda. Ada MOBA (Multiplayer Massive Battle Arena), FPS (First Person Shooter), Battle Royale, Auto Battler/ Board Game sampai game olahraga.

Dari sekian banyak variasi tersebut, game esports mampu mencerminkan karakter dan menumbuhkan soft skill gamer di kehidupan nyata loh. Misalnya, orang-orang yang suka bermain game MOBA seperti DOTA 2, LOL atau versi mobilenya macam Mobile Legends dan Arena of Valor dipercaya punya jiwa kerjasama dan komunikasi yang baik.

Nah, kira-kira soft skill apalagi yang bisa kamu dapatkan dari bermain game esports?

MOBA

Seperti disebutkan di atas, bermain game MOBA melatih kerjasama tim dan komunikasi karena kamu harus meracik strategi dan eksekusi tindakan yang sempurna untuk memenangkan game. Bila kamu dan tim tak mampu sepaham dalam gameplay, hampir dipastikan musuh akan unggul karena bermain rapih dan terorganisir dalam mengambil objektif maupun melakukan gank.

Meski begitu, banyak pemain MOBA yang cenderung meninggikan ego karena merasa punya skill yang lebih baik dari pemain lain. Perlu diingat, jenis game ini adalah lima lawan lima dan kamu tidak akan bisa menang sendiri tanpa bantuan orang lain.

FPS & Battle Royale

Pemain FPS dan BR cenderung punya skill motorik tinggi. Akurasi mereka mengarahkan pointer ke arah musuh tidak mungkin terjadi kalau respon saraf tangan dan penerimaan otak tidak bekerja maksimal.

Selain itu, gamer yang hobi tembak-tembakan ini punya mata yang jeli, indera pendengaran tajam guna mendeteksi musuh yang mengendap. Beberapa contoh game shooting terbaik saat adalah CS:GO, Call of Duty, PUBG (Mobile-PC), Free Fire dan Fortnite

Auto Battler/ Board Game

Berbeda dengan ketiga game di atas, kemampuan bernalar dan logika yang cepat sangat diperlukan dalam bermain game auto battler atau board game. Menentukan sinergi yang sesuai dengan variasi hero melimpah butuh konsentreasi dan pemahaman game yang tinggi.

Banyak yang bilang kalau game auto battler seperti Auto Chess, Dota Underlords, Chess Rush, Hearthstone dan sejenisnya tergantung pada keberuntungan. Padahal, kemampuan kamu mengorganisasi deck atau ekonomi yang baik punya kontribusi lebih signifikan.

Game Sports

Tak ketinggalan, game-game bertema olahraga juga punya manfaat loh untuk mengembangkan soft skill kamu di dunia nyata. Seperti game sepakbola atau balapan, punya efek menumbuhkan adrenalin yang baik untuk kamu bekerja dalam tekanan.

Kamu akan lebih tenang mengambil keputusan dan tidak mudah panik bila terjepit situasi kurang menyenangkan. Bahkan, game seperti sepakbola mengharuskanmu untuk punya gerakan jari yang gesit, kemampuan berpikir yang baik dan pemahaman tentang strategi-strategi agar bisa bertahan dan menyerang dengan efektif.

Nah, dari pilihan genre game esports di atas, mana favorit Sobat Esports?