PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Kenali Istilah Core Utama di Tiap Moba, Jangan Salah Sebut!

Billy Rifki
19/05/2020 12:01 WIB
Kenali Istilah Core Utama di Tiap Moba, Jangan Salah Sebut!
Esports.ID

Dalam game MOBA atau Multiplayer Massive Battle Arena, ada istilah-istilah untuk menyebutkan peran hero dalam game. Mulai dari tanker, support, midlaner atau carry. Peran terpenting dalam permainan biasanya dibebankan pada carry karena mereka mendapat prioritas farm dan punya potensi mematikan ketika mencapai level dan itemisasi maksimal.

Namun, dalam beberapa game MOBA, istilah carry ini bervariasi loh. Meskipun tugas utama meraka identik yakni untuk farm dan memenangkan game, tapi jangan sampai salah sebut karena istilah ini sensitif di kalangan penggemarnya. Yuk kita kenali satu persatu!

CARRY

Kata Carry identik dengan game MOBA, DOTA 2. Namun, istilah ini juga terbawa ke permainan platform mobile seperti Mobile Legends untuk memudahkan menyebut hero posisi 1 pemainnya. Carry atau yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti membawa, punya maksud bahwa hero dengan peran ini akan membawa kemenangan ke tim mereka.

Di DOTA 2 sendiri, carry yang dipilih berasal dari kelas agility, seperti Juggernaut, Terrorblade atau Morphling. Dalam kasus tertentu, role carry berkembang menjadi carry utility dan hard carry.

Carry utility biasanya punya skill set tertentu, kuat di early hingga mid game sehingga bisa memenangkan permainan dengan mudah. Contohnya adalah Pugna, Dragon Knight atau Queen of Pain. Sedangkan hard carry adalah jabatan yang lebih tinggi dari carry karena semua sumber daya tim akan dikerahkan untuk melindungi nyawa dan ruang farm sang carry. Hero yang cocok menjadi hard carry adalah Medusa, Anti-Mage dan Drow Ranger.

ADC (Attack Damage Carry)

Role ADC digunakan untuk game League of Legends. ADC identik dengan hero yang punya basic attack tinggi seperti Marksman. Untuk itu, peran ini sangat penting agar komposisi tim jadi seimbang. Selain fokus melakukan farm, bermain ADC harus punya kewaspadaan tinggi karena umumnya ketahanan mereka rendah dan jadi incaran assassin juga tanker musuh.

Beberapa rekomendasi ADC terbaik di LOL adalah Ashe, Jinx, Caitlyn atau Lucian.

JUNGLER

Di Arena of Valor, peran carry diemban oleh jungler. Berbeda dengan mekanik di MOBA lain khususnya PC ketika monster jungle terlalu tangguh ditaklukan pada awal game, jungle punya kemampuan untuk mengekspolitasi mereka sejak awal.

Selain itu, peran ini juga memainkan tempo ganking dan rotasi dalam map untuk membantu mendominasi lane, mendapatkan objektif tower dan tentunya, kill. Beberapa hero jungler terbaik di AOV antara lain Murad, D'Arcy atau Quillen.

Nah, itu dia istilah core di game MOBA favorit gamer. Kalau Sobat Esports lebih sering nyebut core utamanya dengan istilah apa?