GoPay Campaign

Ini 5 Dampak Buruk Main Game Sampai Begadang

Billy Rifki
15/05/2020 13:37 WIB
Ini 5 Dampak Buruk Main Game Sampai Begadang
various source

Kebanyakan gamer di Indonesia suka bermain atau mabar di waktu malam. Karena waktu yang lebih lengang dan suasana santai, tak jarang pula para gamer meneruskan permainan mereka sampai dini hari.

Proses tersebut berlanjut hingga tercipta kebiasaan begadang. Begadang adalah salah satu pola hidup yang tidak sehat, sudah banyak penelitian menyebutkan efek negatif pada tubuh manusia akibat terlalu sering begadang.

Berikut adalah 5 dampak main game sambil begadang yang bisa menimpa kamu Sobat Esports!

- Kehilangan Memori
Berbanding terbalik dengan efek positif bermain game usia dini yang mampu memperbesar ukuran dan memori otak. Ternyata, main game sambil begadang malah memicu kehilangan memori akibat suplai darah ke otak yang tidak normal.

Beberapa orang akan mulai mengalami pusing terutama setelah bangun tidur dan lama kelamaan sudah terbiasa tidur terlalu larut. 

- Rentan Penyakit
Wajar saja hal ini menimpa kamu, apalagi kalau mabar di ruangan terbuka yang diselingi angin malam yang berbahaya, kamu bisa terpapar masuk angin, pilek dan deman kalau kondisi tubuh tidak fit. Kadang, gamer pun menyediakan asupan konsumsi untuk menemani malam panjang mereka dengan kopi sachet atau martabak manis.

Ini bukan sesuatu yang wajar, secara medis, orang yang begadang akan mengacaukan produksi hormon dalam tubuh salah satunya hormon pengendali lapar. Maka tak heran makin malam rasa lapar terus muncul dan akhirnya para gamer menderita obesitas.

Selain berbahaya, makanan bersifat manis lebih dipilih untuk konsumsi. Hal tersebut sangat tidak menyehatkan karena kandungan gula yang tinggi dapat memicu diabetes. apalagi bila intensitas begadangnya sudah berlanjut setiap malam. Menurut penelitian, orang yang suka begadang punya resiko menderita penyakit jantung lebih tinggi akibat mengabaikan tahap kultivasi diri atau mengistirahatkan organ tubuh.

- Iritasi Mata
Di saat malam apalagi kalau suasana lampu yang redup, mata akan bekerja ekstra keras untuk fokus. Hal in tak cuma buruk bagi kesehatan mata tapi juga bisa mengurangi kemampuan melihatmu secara berkala.

Efek seketika yang akan terjadi bagi orang suka begadang akan mengalami ketegangan mata akibat fokus sehingga lebih jarang berkedip, mengalami iritasi atau kekeringan mata dan pandangan kabur.

- Kinerja Otak Menurun
Bagaimana bisa menjadi atlet profesional kalau kita tidak mau belajar dengan baik teori dan praktek game favorit kita? Dalih latihan bukan alasan yang tepat untuk kamu begadang, tim esports kelas dunia saja sudah menerapkan jadwal aktivitas para atletnya dan semuanya tidak mengizinkan begadang.

Akibat belum tidur melewati batas anjuran, otak akan lebih sulit belajar karena kesulitan memompa darah ke arah kepala. Semakin lama daya pikirmu akan makin melambat yang berarti respon motorikmu akan ikut terpengaruhi. Tidak mungkin jadi atlet esports kalau tangannya slow hand!

- Kehilangan Hormon Melatonin
Hormon melatonin adalah senyawa yang membuat kita mengantuk. Hormon ini mengatur kapan waktu bangun dan tidur kita. Tanpa hormon ini, kita bisa menderita penyakit psikilogis berbahaya seperti depresi bahkan terjangkit kanker.

Nah itu dia Sobat Esports, efek buruk main game sambil begadang. Sebaiknya ubah gaya hidupmu saat ini sebelum terlambat!