IES Ligagame

Beda Tipe-Tipe Gamers dari Cara Megang Smartphone

Billy Rifki
10/06/2020 14:01 WIB
Beda Tipe-Tipe Gamers dari Cara Megang Smartphone
youtube

Bermain game esports seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Arena of Valor dan lain sebagainya memiliki teknik-teknik tertentu. Pemain tak cuma harus menguasai ilmu in-game seperti makro-mikro gameplay tapi juga mekanik alias keahlian mengoptimalkan anggota tubuh dalam bermain, terutama jari.

Nah, tahukah kalian? Tiap gamer punya cara berbeda memakai jari mereka saat bermain game di smartphone. Ada yang nyaman dengan 2 jari sampai yang cekatan sekali memainkan 6 jari sekaligus. Kemampuan ini sedikit banyak berpengaruh pada skill in-game keseluruhan dan tak jarang mengindikasikan kalau pemain yang lebih piawai memanfaatkan jarinya cenderung lebih skillful.


Posisi Gaming 2 Jari

Yuk kita cari tahu posisi jari apa saja yang lazim digunakan gamer saat ini dan apa kelebihan dan kekurangan gaya main tersebut?

- 2 Jari

Posisi standar gamer pemula biasanya masih menggunakan pola 2 jari. Jempol kiri untuk kendali atau arah gerak karakter sedangkan jempol kanan berfungsi untuk tindakan seperti memukul, menembak, dan segala macam opsi yang bisa dijangkau oleh ibu jari kalian.

Mengandalkan dua jari saja memunculkan keterbatasan dalam bermain. Misalnya, memainkan MOBA seperti Mobile Legends mengharuskan kita memantau situasi dan kadang menandai lokasi tertentu untuk menghindari musuh atau meminta bantuan ke titik tersebut.

Dengan kendali 2 jempol saja kurang aduhai untuk menavigasi permainanmu apalagi dalam pertandingan berintensitas tinggi. Kalian harus cepat melihat info musuh di tab score, mengecek pembelian item, menggerakan peta dan lain hal. Pastinya, kedua jempol kalian bakal kerepotan melakukan hal tersebut.

Gaya 2 jari bahkan bakal lebih keteteran bila memainkan game bergenre tembak-tembakan seperti PUBG Mobile atau Free Fire karena banyaknya opsi aksi yang bisa dilakukan gamer saat bertempur.


Posisi Gaming 3 Jari

- 3 Jari

Ketika gamer mulai mahir dalam permainan, otomatis ia mempelajari cara untuk menambah penguasaan gerak di smartphonenya. Dari yang tadinya cuma pakai jempol, kini ia memanfaatkan telunjuk kiri (atau kanan) untuk membantu navigasi gamingnya.

3 jari sudah cukup untuk gamer menguasai makro dan mikro gameplay permainan. Telunjuk bisa berfungsi untuk memperhatikan map, menggeser-geser lokasi dan lain hal. Namun gaya ini masih kurang fleksibel karena membebankan terlalu banyak beban di jari bagian kiri.

- 4 Jari

Posisi ini adalah yang paling balance untuk digunakan pemain casual, namun juga banyak dipakai pemain profesional. Melatih kendali empat jari memungkinkanmu menggerakan karakter lebih cepat, menguasai zona permainan lebih baik dan menjangkau fitur-fitur lain yang tak bisa dilakukan dengan hanya 2 jari.


Posisi Gaming 4 Jari

Seperti di PUBG Mobile, selain menggerakan karakter survivor, kalian harus lincah bermanuver saat menembak. Sigap memencet scope, menahan recoil sembari bergerak menghindari tembakan musuh dengan lompatan atau lean kiri-kanan. Semakin rumit cara kalian bergerak, maka makin banyak pula jari yang dibutuhkan untuk memungkinkan hal itu terjadi.

Pemain Mobile Legends seperti Oura pun menggunakan empat jari kala bermain. Dalam salah satu video hand cam-nya tampak jelas pembeda kecepatan tangan seorang pro player dengan pemain biasa terletak pada cara penguasaan permainan dengan gerakan empat jari yang selalu sigap melihat situasi.

BONUS 

Lazimnya, tiga posisi tersebut paling banyak digunakan gamer. Namun, ada juga yang berhasil bermain dengan enam jari menggunakan jempol, telunjuk dan jari tengah di kedua tangan sementara jari manis berfungsi menahan smartphone. Pun tak jarang mereka meletakan peralatan main mereka di meja atau di tempat rata agar tangan tak mudah lelah bermain dengan enam jari.


Posisi Gaming 6 Jari

Satu posisi tambahan adalah pemain yang main dengan kombinasi 1 dan 2 jari. Pemain seperti ini bukan berarti terlalu cupu sampai cuma mengandalkan 1 atau 2 jari saja. Tapi karena ia terlalu jago dan santai, kadang bermain di public atau rank match biasa tak memerlukan usaha ekstra keras.

Satu tangan digunakan untuk bermain, sedangkan tangan lainnya diperuntukan untuk menyeruput kopi, ngemil makanan ringan atau scroll sosial media di smartphone berbeda. Kalau kamu tipe pemain berapa jari Sobat Esports?.