IES Ligagame

Young Lex: Dari Rapper Hingga Meniti Karir Pro di NBA 2k20

Billy Rifki
29/06/2020 18:11 WIB
Young Lex: Dari Rapper Hingga Meniti Karir Pro di NBA 2k20
Esports.ID Interview

Dalam bincang talkshow menyambut gelaran 3x3 EXE Premier Indonesia yang berlangsung pada 27-28 Juni kemarin, tim Esports.ID berkesempatan membantu sesi tanya jawab bersama para narasumber diantaranya Sekjen PERBASI Nirmala Dewi, Rama Datau CEO 3x3.EXE Premier E-GAMES, Ibnu RIza Ketua Harian IESPA, Erlangga Asisten Manajer Timnas E-Sports, perwakilan dari NBA2K Community Indonesa dan tak ketinggalan, rapper kenamaan tanah air, Young Lex yang ternyata Pro Player NBA2K20.

Tidak banyak yang tahu kiprah Young Lex di scene esports NBA 2k20, pelantun lagu Nyeselkan ini ternyata sangat mencintai basket khususnya permainan NBA 2k20. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan berjam-jam main basket virtual di PS4. Bahkan, dalam satu kesempatan ia pernah main 38 jam non-stop NBA 2K.

Rapper satu ini sudah dua kali mengikuti turnamen NBA 2K20, ia pun mengakui baru aktif sejak masa PSBB karena pandemi Corona terjadi di Indonesia. Di balik alasannya mengejar kiprah pro NBA 2k20, ia bercerita kalau komunitas sangat membantu mengembangkan skillnya. "Dulu, kalau main NBA 2k perorangan itu kalau ga punya temen ngga enak banget. Lu baru main kalau level lu masih rookie itu ngga akan ada yang ngoper ke lo" curhatnya.

Sampai pada akhirnya ia bertemu dengan satu pemain yang ternyata adalah Mas Roy, salah satu orang penting di komunitas NBA 2K. Ia pun bergabung dan menambah kenalan lewat NBA 2k20. Kedekatan Young Lex dan game NBA 2K kian menjadi, ia makin serius menekuni game ini.

"Karena, kemarin era PSBB ini jam main game kita parah banget, bahkan sehari bisa di atas 5-10 jam kita ngobrol bareng di party game sama om Roy, om Vicrie dan teman komunitas lainnya" tutur pria bernama asli Samuel Alexander Pieter.

Mengenai asal muasal liga basket 3x3.EXE Premier E-GAMES sendiri, fakta mengejutkan ternyata kompetisi ini adalah buah perbincangan dari Young Lex dan Erlangga yang pernah satu sekolah di masa SMA.

Mereka merasa kompetisi ini tidak terlalu sulit dijalankan apalagi komunitasnya begitu solid. Bak gayung bersambut, IESPA dan badan pemerintah yakni PERBASI menyatakan dukungannya untuk mengembangkan kompetisi esports basket ini sebagai salah satu agenda selagi turnamen basket dunia nyata tertunda.

Beberapa fakta unik tentang Young Lex  dan gaming, ia sudah main games dari kecil, sampai ada kejadian lucu yang membuat ia ketabrak motor karena dalam perjalanan main ding-dong. Mas Erlangga selaku assisten timnas esports, sempat ingin mengirim Young Lex sebagai perwakilan NBA 2K20 di ajang SEA GAMES 2019 tapi urung terlaksana karena pemilihan game NBA 2K tidak disetujui beberapa negara. Ia pun tak bisa memilih jalan karir antara jadi profesional gamer atau musisi karena kedua-duanya begitu ia cintai. 

Seri pertama 3x3.EXE Premier E-GAMES sendiri disambut antusias oleh player. Dari awal slot yang dibuka sebanyak 32 tim, kemudian bertambah jadi 64 dan terisi penuh. Pak Rama Datau sendiri mengatakan bakal mempersiapkan kejurnas untuk cabang basket online ini.

Untuk kedepan, Young Lex berharap komunitas dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan liga basket NBA 2K di Indonesia serta regulasinya. Dari sini pemain bakal bertambah seiring tahun kompetisi berjalan. Kedua, seleksi atlet timnas untuk NBA 2k, pemerintah dan komunitas bisa berkerjasama dalam seleksi bakat untuk event internasional. Terakhir, Young Lex sedikit berguyon agar pemerintah memberi subsidi untuk PS4 agar makin banyak masyarakat yang membeli konsol tersebut.

Wah, selain bermusik ternyata Young Lex jago juga main basketnya loh. Ia pun berencana mengikuti turnamen FIFA di kesempatan selanjutnya. Siapa Sobat Esports yang fans banget ama Young Lex?