IES Ligagame

Unik! Jepang Kini Punya Pusat Esports Khusus untuk Lansia

Rendy Lim
25/06/2020 12:58 WIB
Unik! Jepang Kini Punya Pusat Esports Khusus untuk Lansia
Di umur pensiun memang lebih baik diisi dengan kegiatan yah, salah satunya bermain esports

Bermain game memang tidak dibatasi oleh usia, anak-anak hingga orang dewasa dapat memanfaatkannya sebagai sarana hiburan. Bahkan genre kompetitif esports yang disenangi oleh kebanyakan anak muda kini juga mulai dilirik oleh orang dewasa hingga lansia. Game esports punya segudang teknik untuk melatih ketangkasan, refleks, kemampuan analisa hingga strategi yang mengasah otak, menjadikannya hiburan kaya manfaat.

Tampaknya alasan-alasan tersebut menjadi dasar didirikannya ISR Esports, sebuah pusat esports yang terletak di Kobe, Jepang. Dibuka pada tanggal 2 Juli mendatang, ISR Esports khusus didedikasikan untuk lansia dan hanya menerima anggota yang berusia 60 tahun ke atas. 

ISR Esports terbuka bagi mereka yang belum pernah bermain video game sebelumnya. Pertama, para lansia tersebut akan diajarkan dasar-dasar gaming agar nantinya dapat mengerti berbagai mekanisme dari game. Setelah itu, mereka dapat mencoba berbagai game esports terbaik yang disediakan ISR Esports. 

Meski dibuka pada masa pandemi COVID-19, ISR Esports tetap akan melaksanakan protokol perlindungan dan pencegahan Coronavirus, mengingat orang-orang berusia 65 tahun ke atas rawan terkena dampak berat jika terpapar. 

Membuka pusat game esports khusus lansia bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, berdasarkan studi yang dilakukan oleh AARP, di Amerika sendiri terdapat 51 juta gamer berusia di atas 50 tahun yang masih aktif bermain game rata-rata 5 jam per minggu. Dalam scene esport, ada Silver Snipers dan Grey Gunners, tim CS:GO senior yang beranggotakan pemain berusia 65 tahun ke atas.

Game Center di Jepang memang populer untuk dijadikan tempat berkumpul para lansia yang merasa kesepian atau terisolasi. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira apakah tempat seperti ini diperlukan di Indonesia?