IES Ligagame

Nasib Apes Listy Chan Usai Roman Picisan Bareng Ericko Lim Terkuak

Billy Rifki
16/07/2020 10:35 WIB
Nasib Apes Listy Chan Usai Roman Picisan Bareng Ericko Lim Terkuak
instagram

Akibat roman picisan yang terlalu menyita perhatian publik dengan Ericko Lim, Listy Chan harus diputus kontrak oleh EVOS Esports. Pasalnya, proses percintaan mereka berdua punya banyak persepsi negatif di kalangan esports.

Ericko Lim alias Soapking sebelumnya menjalin hubungan dengan Jessica Jane, adik dari JessNoLimit. Setelah pacaran cukup lama, bahkan Jane tetap setia menemai Ericko semasa di bui, keduanya kemudian berpisah.

Kuat dugaan, salah satu penyebab putusnya Ericko dan Jane dikarenakan hadirnya Listy Chan, yang menurut pengakuan dari Jane, sering mampir sampai “numpang” nginep di rumah Ericko Lim.

Ericko turut memberi klarifikasi kalau mereka berdua sebatas teman, hanya bentuk pertemanan mereka memang mesra. Esports.ID tidak akan membahas masalah cinta, namun tepatkah keputusan EVOS Esports memutus kontrak Listy Chan akibat masalah percintaan?

Pertama, Listy Chan adalah bagian dari EVOS Esports, bekerja sebagai salah satu personil divisi ladies Mobile Legends. Ketika memiliki profesi seperti Listy, seorang figur wajib menjaga nama baik organisasi dengan perilaku atau perbuatan di muka publik termasuk pribadi. Sebagai figur yang punya followers, pengikut atau fans, wajar bila aktivitas Listy jadi konsumsi dan berita yang dinantikan. Untuk EVOS sendiri, mereka berharap setiap rekrutan yang mereka miliki menyebarkan influence positif agar branding semakin baik.

EVOS memutuskan untuk mengakhiri kontrak Listy seusai berkordinasi dengan bersangkutan. Tak lama berselang, Listy juga kehilangan kolaborasi dengan dua brand yakni COC Computer dan Thanos Auction.

Memang, masalah yang menjerat Listy, Ericko dan Jessica Jane sangat personal. Namun, beberapa dokumentasi berupa video dan foto yang agak vulgar telah tersebar ke khalayak ramai. Tentu ini jadi pembenaran untuk EVOS melakukan sanksi karena telah mencoreng citra EVOS Esports secara tak langsung.

Penegasan dengan istilah terminate contract juga bukan perkara sepele. Ibarat karyawan perusahaan, terminate bisa disamakan dengan SP3 atau pemutusan hubungan kerja. Untuk Listy, EVOS tak segan mengabaikan surat peringatan dan langsung mengakhiri kontrak menimbang kasus yang terjadi cukup fatal.

Tak cuma itu dampaknya, per tanggal 15 Juli semalam, subscriber YouTube dari Ericko Lim dan Listy Chan telah berkurang cukup drastis. Ericko ditinggal sampai 40 ribu subscriber, mungkin angkanya lebih siang ini. Listy Chan juga di unsubs 3 ribu orang di waktu yang sama. Karir Listy mungkin mati suri untuk beberapa saat, brand, vendor dan komunitas pasti mengingat kejadian ini untuk waktu yang lama. Semoga kegiatan streamingnya tidak ikut terhenti karena banjir kecaman netizen berikut orang-orang yang selalu setia mendukungnya.

Semoga semua pihak bisa belajar dari kasus ini dan tetap mementingkan etika yang baik di ruang publik juga pribadi, apalagi kalau anda adalah seorang figur yang punya sejumlah follower.