IES Ligagame

Permintaan Melonjak, Sony Bakal Produksi PS5 Hingga 10 juta Unit!

Rendy Lim
16/07/2020 13:12 WIB
Permintaan Melonjak, Sony Bakal Produksi PS5 Hingga 10 juta Unit!
Apakah kamu sudah mengamankan pesanan PS5 Sobat Esports?

Pandemi COVID-19 tampaknya membuat minat masyarakat untuk bermain game lebih tinggi dibanding biasanya. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan atas konsol baru Sony, Playstation 5. Semula, Sony hanya mempersiapkan 5 juta unit konsol untuk awal peluncuran, namun saat ini mereka telah menambah produksinya dua kali lipat hingga 10 juta unit sampai akhir tahun 2020. 

Playstation 5 sendiri direncanakan akan rilis pada musim liburan tahun ini. Berdasarkan laporan dari Bloomberg, awalnya Sony merencanakan produksi 5 hingga 6 juta unit PS5 hingga akhir Maret 2021. Tampaknya Sony harus merombak rencananya akibat lonjakan order mendadak nih. 

Meskipun Sony bakal bisa mengatasi penambahan jumlah produksi yang masif ini, namun sepertinya sulit untuk mengirim semua konsol tersebut tepat waktu. Sebagaian besar produksi yang bertempat di China akan memakan waktu berbulan-bulan pengiriman untuk mencapai Amerika dan Eropa lewat jalur laut. Pengiriman via uadara juga tidak akan terlalu efektif mengingat terbatasnya jumlah pesawat akibat COVID-19.

Produksi massal PS5 dimulai pada bulan lalu dan setengah dari unit ekstra diprediksi akan selesai pada bulan September. Kloter pertama PS5 akan ditargetkan untuk stok peluncuran serta penjulan di masa libur akhir tahun. Sementara 5 juta unit lainnya akan selesai sekitar bulan Oktober hingga Desember. Prediksinya, penjual retail mungkin baru bisa mendapatkan unit PS5 di kuartal pertama 2021. 

Sebelumnya, Nintendo juga mengalami hal serupa pada awal tahun ini. Nintendo tampak kesulitan untuk memenuhi permintaan Nintendo Switch pada bulan Maret silam, berdampak pada kelangkaan serta kenaikan harga konsol yang drastis. Untungnya, stock Nintendo Switch di pasar bisa kembali normal pada bulan Juni. 

Saat generasi terdahulu PS4 dirilis tahun 2013 silam, Sony perlu 8 bulan untuk mencapai 10 juta unit penjualan. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu sudah melakukan pre-order untuk Playstation 5?