IES Ligagame

Tujuh Perusahaan China Masuk Daftar Ancaman India, Ada Tencent?

Rendy Lim
21/07/2020 15:57 WIB
Tujuh Perusahaan China Masuk Daftar Ancaman India, Ada Tencent?
Semakin tegang sentimen pemerintah India dengan China bakal berakibat ke sektor esports nih

Sentimen pemerintah India dengan China telah memasuki babak baru. Awalnya, India memblokir 59 aplikasi dari China termasuk Tik-Tok, Clash of Kings dan Mobile Legends. Tidak lama setelah itu, pasukan militer India memerintahkan para anggotanya untuk menghapus 89 aplikasi dari China termasuk PUBG Mobile dan semua aplikasi Tencent Gaming. 

Kali ini, pemerintah India telah mengidentifikasi tujuh perusahaan China yang punya hubungan baik langsung ataupun tidak langsung dengan People Liberation Army (PLA). Hubungan ini membuat India melihat hadirnya ancaman dari organisasi tersebut yang diindikasi membantu sektor pertahanan China. 

Selain Tencent, ada nama-nama perusahaan besar lain di daftar tersebut seperti Alibaba, Huawei, Xindia Steels Limited, China Electronic Technology Group Corporation, Xinxing Cathay International dan SAIC Motor Corporation Limited. Namun, hingga saat ini belum ada tindakan yang diambil oleh pemerintah India untuk perusahaan-perusahaan di atas. 

Sebagai salah satu perusahaan yang namanya tercantum, Tencent menjadi sorotan besar bagi sektor gaming dan esports di India. Salah satu game mereka, PUBG Mobile merupakan game yang sangat terkenal di India, bahkan bisa disebut sebagai tulang belakang atau penopang industri esports negara tersebut. 

Ekosistem PUBG Mobile di India telah tersebar mulai dari para conten creators, influencers, streamers, profesional player, hingga para pemilik tim, investor, serta organizer turnamen. Meski kepopulerannya terus meningkat, masalah keamanan selalu menjadi faktor yang dipertimbangkan, apalagi ditengah sentimen politik dan militer yang tinggi dari pemerintah China dan India saat ini. 

Selain India, negara South Asian lain yang juga memiliki masalah dengan PUBG Mobile adalah Pakistan. Game tersebut dianggap memberikan pengaruh negatif untuk generasi muda serta sumber dari banyak masalah sosial. Akibat pemblokiran ini, Free Style, tim Pakistan yang berpartisipasi di PMWL 2020 harus melewatkan babak Opening Weekend. 

Untungnya, Free Style saat ini mendapatkan izin khusus dari pemerintah Pakistan untuk dapat mengikuti ajang tersebut. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira apakah India akan menyusul Pakistan untuk memblokir PUBG Mobile dan game Tencent lainnya?