IES Ligagame

Ingat! Mulai Hari Ini Belanja Game Online Bakal Kena Pajak 10%

Rendy Lim
01/07/2020 12:19 WIB
Ingat! Mulai Hari Ini Belanja Game Online Bakal Kena Pajak 10%
Buyar deh yang nunggu belanja Summer Sale Steam pas gajian

Sobat Esports, terhitung mulai hari ini, tanggal 1 Juli 2020, pemerintah Indonesia secara resmi akan memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk setiap pembelian apikasi dan game online yang berasal dari luar negeri sebesar 10 persen. Kebijakan ini didasarkan oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020, yang telah diresmikan pada 15 Mei 2020 lalu.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa barang produk digital impor dalam bentuk barang tidak berwujud ataupun jasa akan dikenai PPN sebesar 10 persen dari harga yang dibeli. Aturan ini tentu berlaku pada pembelian game di platform seperti Steam.

Direktorat Jenderal (Ditjen) menyatakan penerapan PPN pada transaksi produk digital diharapkan dapat membantu menanggulangi dampak ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Para pelaku usaha PMSE yang memenuhi kriteria nilai transaksi atau jumlah traffic tertentu selama waktu 12 bulan terakhir akan ditunjuk oleh Menteri Keuangan sebagai pemungut PPN.

Steam sebagai salah satu platform yang ditunjuk telah mengumumkan secara resmi di websitenya mengenai pemungutan pajak sebesar 10 persen untuk negara Indonesia. Tidak heran sih yah, apalagi Steam merupakan salah satu marketplace dan platform game terbesar yang dipakai hampir semua gamer di Indonesia.

Pelaku usaha yang ditunjuk untuk melakukan pemungutan PPN produk digital memang belum secara keseluruhan memang belum diumumkan oleh pemerintah. Setiap bulannya, mereka wajib melakukan penyetoran dan pelaporan PPN secara berkala. 

Selain Indonesia, ada dua negara lainnya yang juga baru menerapkan kebijakan yang sama yakni Jerman dan Saudi Arabia. Lebih tinggi dari Indonesia, Saudi Arabia akan memungut biaya PPN sebesar 15 persen, sementara Jerman baru akan memulainya pada Januari 2021 namun dengan jumlah pajak mencapai 19 persen. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, bakal berasa banget nih pajaknya kalo beli game-game mahal. Tapi tidak apa-apa kalau pajaknya digunakan untuk membangun negara, betul ga?