IES Ligagame

Ninja Tertangkap Coba Stream di YouTube, Isyaratkan Platform Baru?

Rendy Lim
08/07/2020 12:18 WIB
Ninja Tertangkap Coba Stream di YouTube, Isyaratkan Platform Baru?
Salah satu streamer terkenal ini tampaknya sudah menemukan rumah barunya?

Setelah Mixer, platform streaming milik Microsoft ini menyatakan bangkrut, streamer-streamer bintang yang berada di sana seperti Ninja dan Shroud nasibnya dipertanyakan. Meski Mixer menawarkan para partnernya untuk berpindah ke Facebook Gaming, bahkan menyediakan uang bonus bagi mereka yang menerimanya. Shroud dan Ninja tampak tak tertarik sama sekali. 

Kemarin, Ninja secara tidak sengaja memposting 'test' stream di akun YouTube miliknya. Stream tersebut ditampilkan secara publik tanpa thumbnail, judul ataupun deskripsi. Tampaknya, Ninja memang tak merencanakan streamnya tersebut disaksikan orang banyak. Tak lama kemudian, privacy stream test itu di ubah ke private. 

Ini bisa jadi pertanda Ninja bakal menjadikan YouTube sebagai platform streaming eksklusif barunya. Manajer sekaligus istri Ninja, Jessica Blevins menyebutkan bahwa para fans harus bersabar hingga minggu ini. Sepertinya bakal ada pengumuman tentang 'rumah' streaming baru untuk Ninja? 

Banyak yang mempertanyakan kenapa Ninja tak lagi kembali ke Twitch setelah Mixer bangkrut. Sebelumnya, Blevis pernah memberi pernyataan bahwa kontrak Ninja dengan Twitch terlalu membatasi dan mengakibatkan streamer tersebut sulit untuk berkembang dan melakukan eksplorasi di luar konten gaming. 

Tentunya untuk mendatangkan Ninja, YouTube harus mempersiapkan uang yang tidak sedikit. Diperkirakan, saat menjadi partner Mixer, Ninja mendapat bayaran sekitar 20 hingga 30 juta USD atau kisaran 300 sampai 400 milyar untuk bisa mendapatkan jasanya. Pastinya ini bukan angka yang kecil yah Sobat Esports!

Meski belum sepopuler Twitch, YouTube sepertinya sudah siap untuk menyaingi platform stream milik Amazon tersebut. Jika berhasil mendapatkan jasa Ninja, bukan tidak mungkin fans dan konten kreator lain bakal ikut masuk ke kanal ini. Kira-kira kalau Ninja streaming di YouTube, apakah selanjutnya Shroud bakal menyusul? Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?