Smartfren

Blizzard Umumkan Overwatch World Cup 2018

Rendy Lim
28/03/2018 11:08 WIB
Blizzard Umumkan Overwatch World Cup 2018
Blizzard Entertainment

Menjadi tahun ketiga sejak debutnya pada 2016, Overwatch World Cup berhasil berkembang dan memiliki penggemarnya tersendiri. Tahun ini, Overwatch World Cup 2018 kembali hadir dengan berpuncak di Southern California pada November ini. Terdapat sedikit perubahan sistem dalam perhelatan tahunan terbesar Overwatch dibanding dengan tahun lalu, apa saja perubahannya dan bagaimana Overwatch World Cup berlangsung tahun ini, yuk kita simak:

Kualifikasi:

Mulai hari ini hingga akhir season 9 yakni pada 28 April 2018, Blizzard akan melakukan pemantauan untuk skill rating (SR) pada top 150 player di setiap negara. Setiap perkembangan bisa dilihat melalui website Overwatch World Cup. Pada akhir babak kualifikasi, 20 negara dengan skor tertinggi akan diundang untuk menjadi partisipan tim Overwatch World Cup.

Tahun ini, babak grup stage akan dilaksanakan di 4 negara yakni Perancis, Korea Selatan, Thailand dan United States. Keempat negara ini secara otomatis akan berpartisipasi dalam Overwatch World Cup membuat total peserta menjadi 24 tim. Namun jika negara host group stage berada dalam 20 besar SR, maka negara dengan posisi 21 akan mendapatkan spot tersebut, dan seterusnya.

Komite:

Salah satu perubahan baru dalam tahun ini adalah penentuan komite untuk setiap negara perwakilan. Setiap komite akan terdiri dari tiga orang yakni General Manger (GM), Coach, dan Community Lead. Mereka akan mendapatkan kompensasi untuk waktu dan usaha, serta travel dan akomodasi untuk membantu tim mereka pada babak group stage hingga finals. Akan ada 2 fase dalam pembentukan komite yakni fase pertama (1 Mei-14) dan fase kedua (17 Mei-29).

  • General Manager: akan dipilih langsung oleh Blizzard. Namun, Bizzard juga menerima jika ada yang mengirimkan aplikasi untuk mengajukan diri menjadi GM. Proses seleksi GM yang dilakukan oleh Blizzard akan menargetkan individu, baik player, talent, hingga community members.
  • Coach:
    • Fase pertama: Kandidat yang memiliki peringkat bagus dapat mengajukan dirinya sebagai coach untuk tim nasional negaranya. Setiap kandidat akan diberikan URL khusus, yang membuat top 150 player (berdasarkan SR) untuk endorse kandidat pilihan mereka.
    • Fase kedua: Blizzard akan mengumumkan top 3 kandidat coach untuk setiap negara dan sekali lagi top 150 player akan melakukan voting untuk menentukan coach pilihan mereka.
  • Community Lead:
    • Fase pertama: proses yang sama seperti coach akan diberlakukan untuk mencari community lead, namun voting akan dibuka untuk keseluruhan player di negara tersebut dan setiap player dapat memilih lebih dari 1 community lead.
    • Fase kedua: Blizzard akan mengumumkan top 10 kandidat dan player dapat melakukan voting untuk menentukan community lead untuk negara mereka.

Pada akhirnya, komite untuk setiap negara akan diumumkan pada 31 Mei.

Players:

Komite akan mendapatkan tryouts yang akan berlangsung pada 1 Juni hingga 5 Juli. Player, termasuk member Overwatch League dapat berkompetisi untuk memperebutkan slot bertanding di tim negara mereka. Dalam jangka waktu 15 Juni hingga 5 Juli, komite akan mengumpulkan roster pemain yang berjumlah 12 player. Nantinya, seleksi akan kembali dilakukan untuk menentukan 7 pemain yang dapat berangkat untuk bertanding di live events.

Informasi lebih lanjut tentang Overwatch World Cup 2018, termasuk pendaftaran untuk General Manager hingga Community Lead akan segera dikabarkan oleh Blizzard, so stay tune yah sobat eSports, karena kita akan memberikan update terbarunya nanti.