Kaskus Battle

Tak Kunjung Peroleh Kemenangan. Shanghai Dragons Pecat Pelatih

Rendy Lim
07/03/2018 14:17 WIB
Tak Kunjung Peroleh Kemenangan. Shanghai Dragons Pecat Pelatih
Shanghai Dragons

Melalui official Twitternya semalam, Shanghai Dragons memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan yakni memecat head coach dari tim Overwatch League asal China itu. Chen ‘U4’ Congshan diumumkan akan turun dari posisinya sebagai head coach, sedangkan asisten coach  Son ‘Kong’ Jun diturunkan ke posisi ‘stand-in coach’.

Sebagai penggantinya Wang ‘RUI’ Xingrui sudah menggantikan posisi U4 sebagai head coach Shanghai Dragons sejak Januari lalu. U4 sendiri akan mundur secara resmi dari posisinya setalah masa transisinya selama 1 minggu terhitung sejak kemarin (6/3).

Kesalahan demi kesalahan berlanjut:

U4  adalah sosok yang cukup kontroversial, baik di timnya Shanghai Dragons bahkan di komunitas Overwatch League. Bulan Januari lalu, dirinya terkena denda dan hukuman dari Blizzard akibat sharing account untuk meningkatkan peringkatnya di leaderboard. Akibatnya, U4 terkena denda sebesar 20.000 Yuan atau sekitar 43 juta Rupiah.

Tidak berhenti di sana, kesalahan lain yang dilakukan oleh U4 adalah berkomunikasi dengan player lain yang sudah memiliki kontrak tanpa izin dan melalui jalur tidak resmi. Perbuatan tidak professional tersebut kembali membuatnya terkena hukuman berupa denda dari Blizzard. Kali ini jumlahnya 2 kali lipat, mencapai 40.000 Yuan atau sekitar 86 juta Rupiah. Total dua denda yang harus dibayar oleh U4 dalam sebulan mencapai 100 juta Rupiah.  

Dianggap sebagai alasan Shanghai Dragons belum peroleh kemenangan:

Tim asal China ini sama sekali belum mendapatkan kemenangan dalam 14 game yang dimainkannya hingga stage 2, minggu ketiga. Komunitas Overwatch mayoritas menyalahkan coach mereka, terutama U4 akibat performa yang sangat mengecewakan ini.

Melalui Weibo, pemain Shanghai Dragons merasa bersalah atas kesalahan yang selalu ditimpahkan kepada coach mereka. “Kami ingin menang, namun strategi yang bagus tidak berjalan dengan mulus” Ungkap Lu ‘Diya’ Weida. “Ini karena kami hanyalah noobs. Coach kami selalu disalahkan setiap hari dan kami merasa sangat kasihan dengan hal tersebut.”

Namun, menghadapi kekalahan tersebut, Shanghai Dragons sudah memasukkan empat pemain baru yakni Kim ‘Geguri’ Se-yeon, Lee ‘Fearless’ Eui-Seok, Chon ‘Ado’ Gi-Hyeon, dan He ‘Sky’ Junjian. Sayangnya para pemain baru tersebut belum dapat tampil di panggung dalam waktu dekat ini karena terkendala masalah visa.

Semoga setelah pemain baru dapat masuk dan bermain, Shanghai Dragons berhasil mendapatkan kemenangannya di season pertama Overwatch League ini. Bagaimana pendapat kamu sobat eSports?