Esports.ID

ESPN Tayangkan Turnamen Esports Berhadiah $1,4 Juta Dolar

Billy
18/07/2018 11:50 WIB
ESPN Tayangkan Turnamen Esports Berhadiah $1,4 Juta Dolar
foxbusiness.com

Esports sebagai budaya terbaru era millennial yang tawarkan hiburan, olahraga dan industri bisnis potensial makin menyeret banyak perhatian kalangan. Sejak mula hingga kini membesar berkat platform streaming, ternyata media mainstream juga tertarik membawa sajian turnamen gaming elektronik ke ranah siaran televisi.

ESPN selaku kanal berita olahraga kenamaan dari Amerika Utara tunjukan dukungan konkrit terhadap perkembangan eSports selaku olahraga modern yang sedang digandrungi kalangan muda. Game Overwatch jadi titel eSports yang diusung untuk disiarkan oleh ESPN.

Mengadopsi sistem liga, turnamen ini sedang melangsungkan babak playoff sejak tanggal 11 hingga 21 Juli nanti. Sementara partai finalnya akan berlangsung pada 27-28 Juli di Barclays Center Arena, Brooklyn memperebutkan total hadiah mencapai $1,4 juta dolar atau sekitar Rp 14 milyar. Venue berkapasitas 19000-20000 penonton ini nantinya akan menjadi tempat berlangsungnya Overwatch League.

Nate Nanzer selaku komisaris dari Overwatch League dalam interviewnya kepada FOX Business mengatakan bahwa industri eSports berkembang pesat karena gairah yang besar dari para gamer. Sebagai seorang gamer, Nate sendiri menyimpan rasa penasaran yang tinggi untuk mengetahui siapa sih pemain terbaik dari game yang ia sukai, menurutnya itulah inti dari eSports sejatinya. Persis seperti olahraga tradisional ketika banyak orang datang berbondong-bondong ke stadium untuk menonton para pemain terbaik menunjukan aksi terbaiknya.

Turnamen Overwatch League akan menandakan kali pertama ajang eSports kompetitif disiarkan secara langsung oleh ESPN.