Esports.ID

Niat Berkelakar Saja, xQc Malah Kena 'Kasus' Lagi..

Rendy Lim
13/08/2018 14:19 WIB
Niat Berkelakar Saja, xQc Malah Kena 'Kasus' Lagi..
Felix 'xQc' Lengyel ; ex Dallas Fuel

Mantan pemain Overwatch League dari tim Dallas Fuel ini memang tampaknya tidak pernah lepas dari permasalahan. Sejak masih bersama mantan timnya, xQc sempat beberapa kali tersandung kasus yang akhirnya mengancam karirnya sebagai pemain profesional. Puncaknya, xQc dikeluarkan dari Dallas Fuel dan Overwatch League akibat dari ungkapan homophobic kepada pemain lain. 

Sejak keluar dari Overwatch League, xQc fokus pada kegiatan live streaming-nya via Twitch. Bahkan beberapa hari lalu, dirinya masih sempat mengutarakan perasaannya tentang perlakuan yang diberikan kepadanya oleh Overwatch League ketika 'ditendang' dari liga tersebut. 

Belum genap seminggu sejak 'curhatan' tersebut, xQc sekarang kembali mendapat hukuman. Kali ini pun penyebabnya tidak jauh berbeda, karena tindakan verbal darinya yang kadang terkesan abusif itu lagi-lagi keluar saat in-game chat, sehingga Blizzard kini yang turun tangan untuk memberikan hukuman ban (suspend) selama 15 hari tidak dapat memainkan akun Overwatch miliknya. 

xQc langsung memberikan klarifikasi atas hukuman tersebut via Twitter. Dirinya menjelaskan bahwa tidak ada maksud sama sekali untuk melakukan pelecehan verbal saat in-game chat. Menurutnya, itu hanyalah 'banter' atau kelakar belaka, sebagai suatu bahan candaan bagi orang yang memahami dirinya. xQc juga meminta maaf jika guyonannya tersebut telah menyakiti orang lain dan akan berusaha menjadi orang yang lebih baik ke depannya. 

Dampak lain yang mungkin menimpanya kini adalah kepastian dirinya untuk berpartisipasi di Overwatch World Cup, sebagai bagian dari roster tim Kanada, bisa pula terancam. Meskipun hukumannya akan berakhir sebelum match pertama dari OWC berlangsung, mungkinkah kiprah profesional xQc bakal benar-benar berhenti tahun ini? 

Dengan peraturan yang cukup ketat dalam Overwatch World Cup bagi pemain berkelakuan buruk, maka xQc sendiri mulai merasa pesimis dapat berpartisipasi untuk event bulan September mendatang. Namun, sang coach dari tim Kanada memastikan bahwa xQc tetap hadir dan membela timnya dalam ajang tersebut.