KASKUS Battleground PUBG Mobile

Awas Cheater Kena Ciduk! Sudah 1.400 Akun Overwatch di Korsel Jadi Korban!

Rendy Lim
10/08/2018 15:50 WIB
Awas Cheater Kena Ciduk! Sudah 1.400 Akun Overwatch di Korsel Jadi Korban!
Overwatch Cheater

Meski dikenal sebagai negara yang menghasilkan player-player Overwatch terbaik di dunia, Korea Selatan ternyata juga menyimpan banyak pemain yang menggunakan cheat. Terlihat dari 'operasi tangkap tangan' besar-besaran yang dilakukan Blizzard terhadap 1.400 pemain Overwatch di Korea Selatan

Total sejumlah 1.487 akun Overwatch di Korea Selatan kena ban sejak awal season 11. Akun-akun tersebut ditampilkan dalam Overwatch forum dan dinyatakan 'bersalah' karena melakukan "account sharing" untuk boosting. Perwakilan dari Blizzard pun sampaikan pendapatnya bahwa akun-akun yang kena banned tersebut adalah bukti komitmen mereka untuk menciptakan lingkungan positif serta adil bagi player Overwatch

Meskipun pastinya mereka akan menerima sanksi yang sangat berat, namun dalam pernyataan pada situsnya, Blizzard tidak menjelaskan hukuman apa bagi para cheater tersebut. Nampaknya, minimal akun mereka akan 'tertidur' untuk sementara waktu sebagai hukuman ringannya. 

Aksi penghukuman bagi cheater ini memang tidak asing setidaknya bagi komunitas Overwatch di Korea Selatan. Bahkan pada awal tahun 2017 lalu saja, Blizzard mengumumkan saat itu sudah lebih dari 22.000 akun Overwatch yang terkena banned akibat ketahuan cheating.

Kebanyakan dari akun tersebut adalah akun yang dapat dimainkan secara gratis di warnet Korea. Sebelumnya mereka dapat bermain secara 'tak kasat mata' atau anonymous, namun setelah Blizzard menerapkan peraturan baru di tahun 2017 bahwa pemain dari Korea Selatan wajib memasukkan social security number mereka untuk membuat akun, khusus bagi yang belum memiliki gamenya. 

Meskipun begitu, kegiatan boosting dan cheating masih marak dan berkembang jadi masalah besar di Korea Selatan, hingga saat ini. Bahkan pada bulan Juni lalu, salah satu pembuat hack di Overwatch ditangkap dan diadili karena telah melanggar peraturan Game Industry Promotion Law and Information &  Communication Technology Protection Law. Selain itu, mereka juga jelas-jelas sudah merusak keseruan bermain ribuan pemain Overwatch lainnya, terlebih bila mereka mengeruk banyak uang dari kelakuan curangnya. 

Tidak hanya itu, tentu kamu pernah mendengar kasus pro player yang dihukum karena membantu boosting kan? Yup, Dallas Fuel's Son "OGE" Min-seok dan Philadelphia Fusion's Kim "Sado" Su-min adalah contohnya. OGE terkena suspension untuk empat game, sedangkan Sado tidak bisa bermain di Overwatch League selama 30 game, atau sama saja dengan lebih dari setengah musim. 

Bagaimana sobat eSports, apakah kamu pernah bertemu dengan pemain asal Korea Selatan di Overwatch dan ternyata ketahuan menggunakan cheat? Laporkan saja, jangan takut karena pihak Blizzard dan ribuan player lainnya juga mendukungmu! Share pengalaman kamu juga yah..