Esports.ID

Kena Permanen Ban di Overwatch Pakai OS Linux, Kok Bisa?

Rendy Lim
19/09/2018 14:23 WIB
Kena Permanen Ban di Overwatch Pakai OS Linux, Kok Bisa?
Overwatch

Minggu lalu, seorang player Overwatch yang menggunakan sistem operasi Linux di komputernya menemukan dirinya terkena ban secara permanen dari game FPS besutan Blizzard tersebut. Meski permasalahan banned tersebut telah dituntaskan, namun ternyata alasan dari hukuman tersebut adalah akibat OS yang digunakan  oleh player. 

Overwatch memang sudah kembali bisa dimainkan di OS Linux saat ini, namun sepanjang minggu lalu, hal yang aneh terjadi. Beberapa player mengatakan telah menerima kiriman pesan dari Blizzard yang mengatakan bahwa akun mereka telah ditutup karena adanya aktifitas yang menunjukkan penggunaan program yang tidak terverifikasi, atau yang disebut dengan hack, dan berdampak pada permainan player. 

Salah satu player yang mengalami hal tersebut menceritakan pengalamannya di forum Reddit. Dirinya mengatakan telah bermain Overwatch menggunakan OS Linux lebih dari setahun tanpa mengalami masalah apa-apa dan tiba-tiba terkena banned secara permanen. 

Hal ini tentu berkontradiksi dengan pernyataan Blizzard di forumnya yang menyatakan bahwa bermain Overwatch di Linux atau Max yang menjalankan emulated Windows tidak bisa di banned. Namun kenyataannya, tidak sedikit player yang terkena palu banned tersebut. 

Spekulasi dari fans mengatakan bahwa banned tersebut adalah akibat dari perubahan alat yang bernama DXVK, yang digunakan bersama dengan program WINE untuk menerjemahkan DirectX ke Vulkan, grafik API yang compatible dengan Linux
 
 
Untungnya, akun-akun yang mengalami banned tersebut sudah dikembalikan oleh Blizzard. Sayangnya mereka tidak mengatakan alasan dan sebab terjadinya banned tersebut. Sekarang kamu bisa kembali memainkan akun mu tanpa takut terkena banned lagi. 
 
Siapa nih sobat eSports di sini mengalami hal yang sama? Apakah akun kamu juga terkena banned dan sudah kembali?