Esports.ID

Ungkap Identitas Palsu ELLIE, Gamer 'Cewek' di Overwatch

MalZaHar
07/01/2019 10:19 WIB
Ungkap Identitas Palsu ELLIE, Gamer 'Cewek' di Overwatch
Awalnya Menjanjikan, Baper, dan ELLIE pun Raib dari Overwatch Contenders!

Di bulan Desember kemarin, sebuah tim esports dari kejuaraan minor mengklaim telah sukses mendapatkan gamer cewek calon pemain top dengan rank tinggi dan mengusung nickname 'ELLIE'.

Kabar perekrutannya pun langsung heboh di media sosial, dan sosoknya begitu dicari-cari oleh segenap orang, maupun fans baru yang tertarik mengenalnya. Tapi efek buruk publisitas tak ayal menghampirinya. Selang beberapa hari kemudian, Ellie memposting sejumlah screenshot bentuk ancaman yang diterimanya secara online dari oknum-oknum tak dikenalnya.

Berangkat dari kasus ancaman kepada Ellie, sang penaungnya yakni Second Wind dari kompetisi Overwatch Contenders, secara berat hati menyampaikan ke publik perihal pemunduran Ellie dari tim mereka, dengan alasan 'due to some unforeseen reactions' atau kira-kira dikarenakan adanya respon yang tak terduga sebelumnya. Namun, hal ini malah membuat netizen kian penasaran dan berhasil mengorek beberapa fakta lain yang menarik seputarnya.

Awalnya, netizen hanya mempersoalkan bagaimana reaksi masyarakat terhadap sosok gamer wanita yang cenderung terima perlakukan kurang baik atau bersifat toxic dari komunitas playernya. Kenyataannya, malah lebih parah lagi, Ellie ternyata bukanlah seperti yang kita kira dan hanyalah identitas palsu sebagai alat untuk bahan percobaan sosial.

"Kami mendapati bahwa 'Ellie' hanyalah identitas buatan...yang diciptakan oleh seorang pemain veteran untuk mengaburkan identitas aslinya," ujar seorang perwakilan dari Overwatch League, sebagaimana dilansir dari The Washington Post. Demikian pula pengakuan dari Becca 'Aspen' Rukavina, melalui pembicaraan pribadi dengan Ellie, menyatakan bahwa bukanlah dirinya yang sungguhan memainkan karakter Ellie dalam game.

Ellie, sebelum ketahuan belangnya, adalah gamer wanita pertama yang bermain di Overwatch Contenders, region Amerika Utara, bahkan mencatatkan dirinya sebagai pemain rank top 4 di server kompetitifnya. Sejak diberitakan memiliki rank tinggi, banyak pihak pun melakukan pemeriksaan mendetil terkait partisipasi Ellie dalam sejumlah seri turnamen. Atas pemikiran kalau tidak banyak orang secara mudah percaya bahwa cewek gamer bisa sejago angka statistik yang terbaca.

Sehingga, banyak gamer cewek pro yang tidak lantas muncul ke permukaan karena harus siap menahan teror keraguan publik gamer terhadap kemampuannya. Hal ini bahkan sempat menimpa sosok gamer wanita asal Korea Selatan dari cabang gim Overwatch pula, yakni Geguri dari Shanghai Dragons, yang terpaksa sampai harus membuktikan keahliannya bermain dengan memamerkan gerakan tangannya saat bermain Overwatch.

Sedih ya, sekalinya ada cewek gamer jago malah dicurigai...eh ternyata memang hanya 'identitas palsu'! Semoga gamer wanita tetap bersemangat dan bermain kompetitif, sekaligus tunjukkan skill mereka untuk ke depannya ya! Sejauh ini, belum ada konfirmasi ataupun tanggapan resmi baik dari pihak Ellie maupun Second Wind!