Esports.ID

Blizzard Hukum 18.188 Akun Overwatch Bak 'Hadiah' Tahun Baru

Rendy Lim
03/01/2019 11:03 WIB
Blizzard Hukum 18.188 Akun Overwatch Bak 'Hadiah' Tahun Baru
Blizzard Entertainment

Jika pada tahun baru biasanya kamu menerima hadiah yang menyenangkan, maka lebih dari 18.000 pemain Overwatch di Korea Selatan terpaksa pasrah menerima nasib. 'Hadiah' yang mereka dapatkan dari Blizzard ternyata berupa total ganjaran dari seluruh perbuatan buruk yang mereka lakukan selama ini dalam game. 

Pada 2 Januari kemarin, melalui forumnya, Blizzard menuliskan list panjang berisi nama-nama pemain yang tertangkap melakukan pelanggaran dan mendapat hukuman mulai dari banned, suspended, hingga pencabutan akun. Total 18.188 akun dinyatakan bersalah karena melanggar peraturan seperti toxic, throw game, AFK, kata-kata kasar, hingga pelecehan. 

Blizzard sudah memberikan ragam hukuman kepada pemain toxic, namun jumlahnya masih cukup besar saat ini, sehingga pemberantasannya masih sangat jauh dari kata selesai. Jeff Kaplan, game director Overwatch menyatakan bahwa toxicity ini masih menjadi permasalahan utama. Namun, Overwatch Strike Team tidak tinggal diam, mereka melakukan tracking kepada akun yang bermasalah tersebut hingga di luar game, sehingga perilaku baik benar-benar diterapkan oleh para pemain tersebut.

Meskipun pada bulan Juli 2018 silam, Jeff Kaplan mengatakan bahwa pernyataan kasar dalam competitive game menurun 26.4% di server Amerika, dan 16.4% di Korea Selatan, sayangnya angka tersebut masih menyisakan permasalahan yang cukup signifikan. Hal ini bahkan memaksa pemerintah Korea Selatan turun tangan dengan melakukan amandemen untuk Game Industry Promotion Act, di mana boosting, tindakan yang membantu meningkatkan rank dari player bawah atau jasa joki, dapat dijerat hukum.

Sang pelaku joki dapat dikenakan hukuman penjara 2 tahun dan denda hingga 18.000 USD atau sekitar 260 juta Rupiah. Masalah lain yang dihadapi oleh Blizzard dan player Overwatch saat ini merambat cukup jauh karena keterlibatan para pemain Overwatch League yang juga tersandung hukuman akibat perilaku buruk mereka. Pada 21 Desember 2018 kemarin, tujuh pemain Overwatch League masuk ke pantauan Blizzard dengan alasan tertentu. 

Bagaimana pendapat sobat esports? Siapa nih yang sering ketemu tim atau punya teman yang toxic banget