Esports.ID

Terciduk! Ketahuan Pakai Artwork Overwatch, Paladins Pecat Kontraktornya

Rendy Lim
23/05/2018 14:43 WIB
Terciduk! Ketahuan Pakai Artwork Overwatch, Paladins Pecat Kontraktornya
Paladins Covert Ops Lex Skin

Paladins, game FPS yang menggunakan hero dengan beragam ability selalu dibandingkan akibat kesamaan dengan game sejenisnya yakni Overwatch. Terutama pada desain hero yang sama-sama memiliki karakter sejenis seperti tanker yang dapat membuka shield dan kurcaci yang bisa membuat turret. Kalian tau yang kita maksud di sini kan? 

Perang Overwatch x Paladins

Kembali ke tahun 2016 saat pertama kali Paladins dirilis untuk versi betanya, developer Paladins, Hi-Rez studios menolak keras bahwa desain karakter mereka mencontoh milik Overwatch. Alasannya, karena mereka sudah melakukan perancangan karakter jauh hari sebelum publik mengenal Overwatch. Namun penjelasan tersebut tidak menghentikan perbincangan publik yang selalu menyamakan hero-hero yang dirilis oleh Paladins dengan hero milik Overwatch. 

Hingga perseteruan terbaru antara kedua perusahaan tersebut kembali muncul ketika Overwatch merilis hero Brigitte. Sebagai hero tanker support, ability dan senjata yang dimilikinya disamakan dengan champion Paladins Ash yang sudah terlebih dahulu rilis pada pertengahan tahun 2017 lalu. 

Iklan Paladins Strike yang diduga menggunakan background Lijiang Tower Overwatch

Tersandung kasus penggunaan background, babak baru Overwatch x Paladins

Isu terbaru tentang Paladins yang melakukan plagiat muncul ketika salah satu pengguna Reddit memposting materi promosi mobile game Paladins Strike yang menunjukkan bahwa mereka menggunakan background art dari Overwatch, yakni loading screen untuk map Lijiang Tower. Materi promosi tersebut sebenarnya akan digunakan untuk mempromosikan skin terbaru champion Lex, Covert Ops

Lijiang Tower Overwatch

Setelah investigasi dilakukan oleh pihak Paladins atas insiden ini, Brand Manager PaladinsAlex Cantatore akhirnya buka suara melalui Kotaku.com. "Kami sangat kecewa dengan kontraktor untuk game mobile hero shooter kami, Paladins Strike, karena telah menggunakan artwork dari game lain untuk splash art di materi promosi Covert Ops Lex skin," ungkap Alex. "Sayangnya hal ini datang dari pihak yang kami percayai, sehingga tidak melewati tahap pemeriksaan internal dan langsung muncul ke publik."

Hmmm tampaknya tidak habis-habisnya yah sobat eSports perseteruan dari kedua perusahaan ini. Bagaimana menurut pendapat kamu sobat eSports? Apakah kamu pemain Paladins atau Overwatch? atau keduanya?