First Warriors

Ubah Citra, KONAMI Sematkan Unsur "eFootball" di PES 2020

Billy
18/06/2019 10:33 WIB
Ubah Citra, KONAMI Sematkan Unsur "eFootball" di PES 2020
ibtimes.com

Salah satu faktor penting yang dapat menarik peminat baru di industri gim saat ini adalah menyematkan label esports. Hal itu yang jadi strategi terbaru dari KONAMI kala mengumumkan PES 2020 di ajang E3 (Electronic Entertainment Expo) 2019.

Setelah puluhan tahun meluncurkan gim sepakbola legendaris, PES akan berubah citra menjadi "eFootball PES 2020". Adapun perubahan terkait strategi dan komitmen baru KONAMI yakni mendukung esports sebagai salah satu fokus mereka.

Direktur senior KONAMI, Jonas Lygaard mengatakan, "Nama baru ini akan merefleksikan keinginan kami mendorong PES 2020 sebagai cabang esports". Konami juga akan aktif menyelenggarakan turnamen agar tujuan mereka terwujud.

Tentu langkah ini sebagai jawaban atas persaingan yang terjadi antara PES dan FIFA. Sementara FIFA besutan EA sudah gencar duluan menancapkan brand-nya sebagai gim olahraga dengan turnamen rutin seperti FIFA eWorld Cup, beserta rangkaian event pendukungnya.

Meski info mengenai liga PES yang dinanti baru akan terang-benderang di bulan Juli mendatang, PES 2020 tampak sudah mengantongi izin dengan klub-klub populer di seluruh dunia. Hal ini juga jadi faktor penting menggeser FIFA yang selama ini unggul berkat eksklusifitasnya.


Namun, PES 2020 masih perlu pembenahan apabila ingin menjadi titel esports yang diperhitungkan. Karena sekilas, PES tak menyiapkan hal-hal unik dan baru bagi pemain maupun spektator agar gim ini lebih menarik dari pesaingnya.

Apakah PES jadi lebih laris dengan embel-embel esportsnya guys?