Kaskus Battle

EVOS Galaxy Sades dan Impian Go International

MikeApalah
18/04/2018 11:40 WIB
EVOS Galaxy Sades dan Impian Go International
Interview with EVOS Galaxy Sades, Winner of PBLC 2018

Kini, tak ada lagi yang menyangsikan kebolehan 5 dara cantik ini dalam kompetisi Point Blank. Tiga gelar PBLC secara beruntun menjadi bukti dominasi EVOS Galaxy Sades!

Maria "Cyrus", Ira "Alonaaa", Angel "Cronoz", Devy "TRdev", dan Indri "Clarity" berhasil mencetak hattrick gelar setelah di partai final PBLC 2018 mengalahkan tim kuda hitam L_OSAV EVO OVGODS, asal Pontianak, dengan skor 2-1.

Yuk, simak obrolan seru Esports.ID dengan tim EVOS Galaxy Sades seputar perjuangan mereka di PBLC 2018, industri eSports lokal, serta impian mereka untuk go international!

Esports.ID: Bagaimana kesan dan strategi kalian hingga bisa kembali menjadi juara di PBLC 2018?

EVOS Galaxy Sades: Kesan-kesannya pasti senang bisa menjadi juara bertahan tiga kali berturut-turut. Apalagi yang terakhir ini ada maria yang baru bergabung. Kita senang masih bisa mempertahankan gelar juara.

Bicara strategi, pastinya sih latihan rutin, evaluasi, dan memperbaiki kesalahan dari pertandingan sebelumnya. Kita latih terus agar bisa menjadi lebih baik lagi, sambil rajin nonton pertandingan atau video-video yang  bisa beri contoh strategi untuk diterapkan dalam tim.

 

Esports.ID: Sempat beredar isu adanya kendala perangkat dalam pagelaran PBLC kemarin?

EVOS Galaxy Sades: Jujur, memang masalah PC kemarin di luar perkiraan kita. Jadi, awalnya pasti sangat kesusahan apalagi main saat di stage, PC-nya lebih susah dibandingkan yang back stage.

Bahkan, salah satu dari peserta juga ada yang berkaca-kaca matanya karena merasa susah bermain dan merasa tidak bisa bermain maksimal. Akhirnya, yang bisa kita lakukan hanyalah terima keadaan dan tetap bertanding sebisa mungkin, karena mengeluh hanya menjadikan mental teman-teman lain jadi drop dan tidak percaya diri.

Kita pilih untuk tetap semangat bermain dan berikan yang terbaik. Saya (Indri) juga nekat untuk mengganti settingan yang biasanya saya pakai latihan dengan resolusi yang belum pernah saya pakai selama latihan, agar bisa main sedikit lebih nyaman :”)

Esports.IDEVOS Galaxy Sades terlihat sangat kompak saat bertanding, bagaimana tips dan trik agar kekompakan tim serta skill individu tetap terjaga?

EVOS Galaxy Sades: Kuncinya itu adalah tenang dan percaya teman. Kita sudah latihan bareng, tahu gameplay teman-teman seperti apa. Harus saling percaya dan kita paling anti yang namanya saling menyalahkan. Do the best, and let God do the rest!

Esports.IDDalam dunia eSports masih sering terjadi bahwa tim wanita dianggap sebelah mata. Bagaimana pendapat kalian mengenai isu feminisme di eSports dan apa cara kalian guna mengubah pandangan tersebut?

EVOS Galaxy Sades: Iya, sering terjadi kita dipandang sebelah mata. Sedih sih, apalagi masih banyak anggapan bahwa gaming itu suatu hal yang negatif. Karena itu, kita buktikan bahwa eSports ini bisa menghasilkan, dan ‘ga hanya para lelaki, tapi wanita juga bisa sukses!

Esports.IDBagaimana cara EVOS Galaxy Sades dalam membagi waktu antara tim dan kehidupan pribadi?

EVOS Galaxy Sades: Kita budayakan saling menghargai di Galaxy. Kita punya kegiatan masing-masing; ada yang sudah bekerja, tapi ada pula yang kuliah sambil kerja. Jadi untuk jadwal latihan, biasanya kita sepakat untuk berdiskusi saat menentukan kapan dan di mana semua bisa menyisihkan waktu latihan. Tapi, ga pernah lupa masalah prioritas, kalau sudah dekat jadwal turnamen, kita menjadikan latihan sebagai prioritas. Demi hasil yang maksimal memang harus ada yang dikorbankan.

Esports.ID: Apa yang membuat kalian tertarik dengan game FPS? Dan apa impian kalian di kancah eSports?

EVOS Galaxy Sades: Menurut kita, FPS itu seru dan menantang. Mengenai impian, kita ingin bisa lebih sukses tidak hanya di skala nasional, tapi pengen go international! Karena pengalaman terakhir tanding di luar negeri, kita berhasil juara 3. Dan selanjutnya bila ada kompetisi internasional lagi, harus jadi terbaik dari yang terbaik!

Esports.IDMenurut kalian, bagaimana perkembangan eSports lokal saat ini? Apa saran kalian untuk perkembangan eSports tanah air?

EVOS Galaxy Sades: Perkembangan eSports di Indonesia sejauh ini sudah sangat pesat, bahkan pemerintah juga mulai melirik potensinya. Kita senang banget, profesi sebagai player pro mulai dihargai.

Saran dari kita adalah besarkanlah komunitas sebesar mungkin, karena dengan semakin besar maka lebih bisa untuk mendominasi dan menghilangkan asumsi orang-orang yang skeptis. Bagi penyelenggara turnamen, lebih sering lagi adakan event bergengsi agar semakin banyak peminat dan generasi baru yang berpotensi. Semoga kita bisa maju seperti negara-negara luar lainnya.

Esports.IDKalau boleh berandai-andai, bakal seperti apa EVOS Galaxy Sades dalam 5 tahun dari sekarang?

EVOS Galaxy Sades: Kita pengennya 5 tahun mendatang kita sudah menjadi atlet pro yang go internasional dan diperhitungkan oleh tim pro lainnya, dengan menjuarai banyak turnamen internasional yang bergengsi. Tidak hanya melawan tim wanita, tapi kita ingin bersaing dengan para tim pro berisikan laki-laki juga nantinya.

Esports.IDSebagai penutup, adakah pesan untuk seluruh pecinta eSports, khususnya fans EVOS Galaxy Sades?

EVOS Galaxy Sades: Sebelumnya, kami ucapkan banyak terima kasih untuk para fans Galaxy yang sudah setia mendukung dari dulu sampai sekarang, biar bagaimanapun kondisi atau hasil yang kita capai. Semoga kalian semua menjadi supporter yang baik dan pintar! Jangan capek juga dukung Galaxy, karena support kalian adalah semangat bagi kita! I love you guys!