Kaskus Battle

Bahas eSports Lebih Dalam Bareng SuperNayr & cLoveer, Divisi PUBG RRQ!

basittt
29/11/2017 13:18 WIB
Bahas eSports Lebih Dalam Bareng SuperNayr & cLoveer, Divisi PUBG RRQ!

Saat mendatangi peluncuran MimoStore yang dilakukan oleh Mimopay, tim eSports.id bertemu dengan SuperNayr & cLoveer sebagai gamer profesional perwakilan dari RRQ untuk game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Diketahui, saat ini PUBG menjadi satu game baru yang sedang melejit namanya karena begitu banyak gamer dari belahan dunia yang memainkannya.

Tanpa basa-basi, karena begitu penasaran dengan PUBG dan cikal bakal SuperNayr & cLoveer di RRQ, langsung saja eSports.id mewawancarai keduanya!

- Esports.ID: Halo, kenalan dulu dong biar akrab. Dengan siapa nih?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Halo, saya Rian dengan nickname SuperNayr. Dan saya Andrew dengan nickname cLoveer.

- Esports.ID: Pertanyaan pertama, PUBG kan bisa dibilang baru ya. Kenapa RRQ membentuk divisi PUBG dan merekrut kalian?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Alasan merekrut kita karena RRQ memiliki visi ke depan yang bagus, dengan melihat perkembangan PUBG itu sendiri yang menjadi game no. 1 di Steam. Kebetulan pernah bekerjasama dan kenal sebelumnya dengan management dari RRQ, so saat ditawarkan menjadi bagian dari RRQ kita sangat excited!

- Esports.ID: Waw, laris manis ya. Terus dari sekian banyak penawaran, kenapa kalian memilih RRQ?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Alasan kami memilih RRQ, karena kami rasa sudah punya nama yang oke baik di Indonesia dan juga South East Asia, punya manajemen yang profesional dan memiliki prospek yang jelas. Apalagi manajernya juga mantan manajer XcN Counter-Strike 1.6 dahulu, jadi ya kami rasa sudah memiliki banyak pengalaman lah.

- Esports.ID: Sebelum terjun ke PUBG, konsentrasi kalian di game apa ya?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): (cLoveer) Gue sebelum ke PUBG fokus di CS:GO, (SuperNayr) dan kalau gue Overwatch. Gue juga sempat juara SEA bareng tim Singapura, bersama 5 orang dari Singapura lainnya.

- Esports.ID: Menurut kalian, kedepannya PUBG bakalan punya turnamen yang wah nggak sih?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Untuk saat ini sih, setiap bulannya turnamen pasti ada ya, skala kecil ataupun besar. Namun kedepannya, karena Bluehole sendiri masih belum merilis penuh PUBG, maka banyak EO luar yang belum bisa menjalankan turnamen wah. Tapi jika kita lihat dari player-nya yang begitu banyak, sepertinya saat PUBG resmi dirilis akan ada banyak turnamen dan kejutan lainnya.

- Esports.ID: Bagaimana dengan komunitas PUBG di Indonesia? Apa yang bikin game ini spesial sih?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Banyak banget, bahkan ada beberapa player DOTA 2 tuh yang mulai pindah ke PUBG. Kalau yang bikin PUBG spesial itu menurut kami game ini menantang adrenalin dan seru abis! Sekuat apapun mental kalian, saat sisa player tinggal 10 orang itu pasti berasa tegang banget. Sama hoki-hokian juga sih, tergantung pas jatuhnya dimana saat memulai permainan dan pinter-nya kita memanfaatkan segala kondisi yang ada. Pengalamannya selalu berbeda deh di setiap game-nya.

- Esports.ID: Apakah PUBG bakal dapat menyaingi eSports lainnya seperti DOTA 2, CS:GO, dan lainnya?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Bisa sih, apalagi Bluehole sudah menyiapkan banyak konten baru, map baru, dan lain sebagainya. Dari sisi update yang disediakan perusahaan itu sendiri menyediakan banyak dan termasuk cepat mengimplementasikannya, jadi gamer tidak cepat bosan.

- Esports.ID: Boleh dong di-share tips buat pembaca eSports.id yang belum main PUBG, biar ikutan main!
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Pertama yang paling penting untuk main PUBG itu komputernya, spesifikasinya harus mumpuni, daripada marah-marah sendiri kan? Selain itu, soal skill di PUBG yang harus diperhatikan adalah Zeroing dan Bullet Drop. Banyak yang perlu diperhatikan, tidak bisa main asal tembak karena lingkungan dan jarak mempengaruhi arah peluru. Kalian juga harus mempelajari perihal zoom distance, agar tembakan kalian juga akurat mengenai lawan.

Buat yang masih awam main PUBG sering-sering main bareng teman agar pengalaman bermain jadi lebih seru dan tidak cepat bosan. Selain itu, jangan juga terlalu fokus sama skill nembak yang sudah kita jelasin barusan, itu buat next sih. Awal-awal tuh harus rajin main dan mempelajari semua item yang ada di sekitar untuk kita manfaatkan.

- Esports.ID: Kalau berbicara eSports di Indonesia, menurut kalian bagaimana perkembangannya?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Secara umum, eSports di Indonesia sangat maju ya saat ini, jika kita melihat dari DOTA 2 dan CS:GO. Level persaingan di dua game itu sudah mulai naik ya, biarpun belum juara SEA namun tim Indonesia tidak bisa dianggap remeh karena masih masuk top 3. Kalau di skala Asia memang saingan terberat itu dari Cina dan Korea Selatan. Tapi kalau SEA kayaknya sudah sangat oke kok tim Indonesia.

- Esports.ID: Pendapat jujur ya, eSports di Indonesia itu bakal jadi seperti cabang olahraga lain ga?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Sudah pasti dong, eSports bakalan setara Sports sih, jadi seperti kerjaan pada umumnya. Sebut saja di Denmark, di sana eSports itu punya fasilitas psikolog dan trainer sendiri. Jadi seperti pemain bola, eSports juga memperhatikan betul pemainnya dari segi mental dan fisik. Bahkan di sana tim bola yang besar mulai menarik tim-tim eSports untuk dikembangkan. Jadi intinya, eSports sudah mulai dilirik dan disetarakan dengan olahraga pada umumnya. Tidak menutup kemungkinan di Indonesia sendiri juga mulai mengarah seperti eSports di luar negeri.

- Esports.ID: Ada ga harapan tertentu dari kalian untuk eSports di Indonesia kedepannya?
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Secara pribadi, kami mengharapkan ada organisasi event yang proaktif bisa menjadi perantara antara player dan turnamen dari skala kecil sampai besar. Kami juga mengharapkan di Indonesia organisasi serupa bisa lebih aktif untuk memberikan dukungan kepada seluruh atlet eSports agar semakin berkembang.

- Esports.ID: Wah seru banget nih ngobrol-ngobrol bareng kalian, wawasannya luas dan sangat peduli sama perkembangan eSports, khususnya di Indonesia. Terima kasih ya, semoga kedepannya bisa ngobrol seru lagi!
- SuperNayr & cLoveer (RRQ): Siap, sama-sama!