AfreecaTV Luncurkan Liga PUBG, Salip Ide OGN

MalZaHar
24/11/2017 11:49 WIB
AfreecaTV Luncurkan Liga PUBG, Salip Ide OGN
afreecatv

Korea Selatan memang perlu kita akui sebagai negara terdepan untuk masalah eSports, hampir semua lini masyarakatnya sudah 'peka eSports' dan secara konstan memunculkan ide-ide kreatif sekaligus positif demi menunjang perkembangan olahraga digital modern ini ke jenjang lebih tinggi. Saking semangatnya, bahkan ada dua perusahaan penyiaran asal negeri Ginseng yang seakan berlomba-lomba untuk mewujudkan sebuah Liga PUBG berskala internasional, dengan rencana pembangunan wahana eSports berukuran masif kedepannya.

Bila di bulan Oktober kemarin, kita baru saja disuguhi ide brilian dari OGN untuk merancang sebuah kompetisi berkala dari PlayerUnknown's Battleground di Korea Selatan, termasuk pembangunan studio khusus berdaya tampung 100 player. Maka kini ide tersebut bahkan sudah dituangkan dalam wujud nyata sebuah turnamen bertajuk AfreecaTV PUBG League (APL), yang dijadwalkan mulai berlangsung tanggal 1 Desember 2017. Plus rencana jangka panjang berupa pembangunan arena khusus PUBG yang juga konon bakal mampu menampung 100 player sekaligus.

"Tujuan utamanya (arena PUBG berkapasitas 100 player - red) adalah digunakan dalam APL, tapi ada banyak kegunaan lain dari wahana ini," ungkap Chae Jung Won, Head of Interactive Content Business di AfreecaTV, saat memaparkan konsep APL di acara konferensi pers, hari Kamis (23/11) kemarin. "Saya kira bakal beroperasi di paruh pertama tahun 2018, dan sebelum jadi turnamen akan dimainkan di AfreecaTV Open Studio."

Game bergenre Battle Royale besutan PUBG Corp. (anak perusahaan Bluehole Studio) ini memang sangat menjanjikan untuk digarap secara serius aspek kompetitifnya, dengan jumlah peminat yang seakan tak pernah surut. Belum lagi pencapaiannya yang mampu mencetak 7 rekor dunia, raihan titel game terbaik di beberapa ajang penghargaan, termasuk ketersediaannya di multiplatform baik via Steam maupun versi konsol next-gen (Xbox One dan PS4).

Lebih menakjubkan lagi bila mengingat PUBG belum rilis secara luas kepada publik dan baru akan dijadwalkan bulan ini, rencananya dibarengi peluncuran PUBG versi Xbox One-nya (12 Desember 2017). Selanjutnya, Bluehole siap merambah pasar gamer di Cina dan Korea, setelah adanya perjanjian kerjasama dengan pihak Tencent Games dan Kakao Games untuk peluncurannya di kedua negara tersebut.

Terkait liga PUBG itu sendiri, AfreecaTV sudah menjabarkan sedikit mengenai jumlah peserta dan format turnamen, beserta jadwal penyiaran dari masing-masing pertandingan. Dari total 20 slot yang disediakan, 18 tim merupakan perwakilan tuan rumah, sementara dua tim lainnya dari Cina. Pendaftaran tim segera dibuka bagi tim asal Korea Selatan dan Cina untuk mengikuti babak kualifikasinya, 1 - 10 Desember 2017. Tim-tim yang lolos bakal kembali beradu skill di babak utama yang sudah dijadwalkan berlangsung tanggal 18 Desember 2017.

Musim pertamanya, AfreecaTV PUBG League, bakal dibagi dalam tiga periode waktu, berdurasi selama 4 hari setiap periodenya. Tiap harinya akan dipertandingkan tiga squad dan satu solo round, dimana pada akhirnya tim dengan poin terbanyak berhak atas titel juara dan kantongi hadiah uang senilai 100 juta Won Korea atau setara US$90.000 (kisaran 1,2 milyar rupiah).