Esports.ID

Perdana Setelah Rilis, Turnamen PUBG Hadir di IEM Katowice 2018

Rendy Lim
15/01/2018 10:53 WIB
Perdana Setelah Rilis, Turnamen PUBG Hadir di IEM Katowice 2018
IEM Katowice: PUBG Invitational

Baru saja rilis tahun lalu, tepatnya tanggal 20 Desember untuk versi PC (Pre-Release di Xbox One, mulai tanggal 12 Desember), PlayerUnknown's Battlegrounds sudah memberi sinyal kuat menjadi cabang eSports favorit di dunia. Berawal dari kiprah turnamen pertama kalinya di ajang GamesCom, yang digagas oleh PUBG Corp. dan ESL, bulan Agustus silam, telah memperlihatkan besarnya antusias para fans terhadap PUBG. Kemudian terus naik pamornya saat menggelar event serupa (PUBG Invitational) pada arena IEM Oakland yang menunjukkan bagaimana menariknya berkompetisi sengit dalam PUBG.

Di awal tahun ini, ESL kembali mengumumkan akan mengadakan turnamen PUBG di IEM World Championship Katowice. Berlangsung tanggal 24 - 25 Februari 2018, PUBG Invitational di IEM Katowice menjadi turnamen perdana game bergenre battle royale tersebut di tahun ini, yang nantinya juga disusul turnamen PUBG oleh StarLadder, pada awal Maret.

PUBG Invitational di IEM Katowice memperebutkan total prizepool sebesar US$50.000, antara ke-16 tim yang turut berpartisipasi, di mana 9 tim merupakan penerima direct invite (tiga tim dari Amerika Utara, , tiga tim asal Eropa, dan tiga tim Asia). Sisanya, lima tim peserta lain harus melalui babak regional qualifier mempertemukan 512 tim, yang berlangsung di Polandia, 20-21 Februari. Slot untuk tim di babak kualifikasi akan dibagi sebagai berikut; tiga dari region NA, tiga slot EU, dan satu slot asal Amerika Latin.

“IEM World Championship Katowice 2017 merupakan event eSports terbesar dalam sejarah, dan dengan debutnya turnamen PUBG dalam IEM Okland, kami merasa tertantang untuk kembali mengadakan turmanen tersebut dalam event IEM,” ungkap Michael Blicharz, ESL’s VP of Pro Gaming. “Sebelumnya, melihat antusias para fans terhadap turnamen PUBG membuat kami merasa game ini akan menjadi tambahan yang menarik dalam IEM Expo”.

Peluncuran update terbaru, PUBG 1.0, pada bulan Desember lalu, telah lebih dari 30 juta pemain yang mainkan di semua platform, dan berhasil menembus rekor 3 juta pemain yang online dalam waktu bersamaan via Steam. Serta kemunculan map terbaru, Miramar, menjadi pondasi kuat untuk kembali mengadakan turnamen PUBG. Berkembangnya komunitas pecinta aspek kompetitif dalam PUBG dengan berbagai tim-tim besar yang mulai menginvestasikan tim dalam game ini menjadikan kompetisi PUBG kian menarik untuk digeluti.