Tebak Juara ESL One Katowice 2018

Sisipkan Fitur Lootbox, PUBG Terganjal Isu ‘Judi’?

Rendy Lim
10/01/2018 11:32 WIB
Sisipkan Fitur Lootbox, PUBG Terganjal Isu ‘Judi’?
Google Images

Beberapa bulan lalu, sobat eSports.id sudah disuguhi berita tentang game-game yang terkena isu 'judi' karena adanya fitur lootbox dalam game yang dapat memberikan efek adiktif serta faktor negatif lainnya. Overwatch serta Star Wars Battlefront 2 yang menganut sistem lootbox sempat tersandung kasus hukum oleh pemerintah Belgia akibat diduga memiliki unsur perjudian. Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Sekarang, isu tersebut dapat menyasar PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Menyisipkan fitur lootbox, Tampaknya, PUBG menjadi sasaran selanjutnya untuk diselidiki oleh pihak berwenang. Meskipun developer mencoba transparan dengan memberi tahu cara kerja serta persentase dari item-item langkanya, namun para player kebanyakan memanfaatkan fitur ini dengan mengeluarkan uang mereka dan berharap mendapatkan item langka agar dapat kembali dijual dengan harga tinggi.

Berdasarkan pengertiannya secara baku, kata 'judi' dapat diasosiasikan dengan kegiatan ‘mempertaruhkan sejumlah uang atau harta dalam permainan tebakan dengan tujuan mendapatkan uang atau harta yang lebih besar daripada nominal semula’.

Pertama, mari kita lihat bagaimana lootbox dalam PUBG bekerja karena yang harus digaris bawahi adalah item yang didapatkan melalui lootbox tidak mempengaruhi permainan secara keseluruhan. Kemudian, PUBG juga memberitahu persentase item lootbox yang bisa didapatkan. Kamu punya persentase 40% untuk mendapatkan desperado crate dan kamu bisa mendapatkan item langka di dalamnya dengan persentase 0.16%. Bahkan untuk mendapatkan item langka dalam biker crates peluangnya hanya mencapai 0.01%.

PUBG juga tidak menjual crates (lootbox) secara bebas dan kamu pun tidak bisa mendapatkannya dengan jumlah yang diinginkan. Terdapat limit sebanyak 6 crates yang bisa didapatkan tiap akun setiap minggunya dan developer mengungkapkan bahwa alasannya agar dapat membuat sejumlah item tetap langka. Berikut adalah cara mendapatkan crates dalam PUBG:

  • Di tab rewards – dalam crates menu di lobby, kamu bisa membelinya dengan BP. Harga awal crates adalah 700BP, dan kamu bisa membeli sampai dengan 6 crates setiap minggunya. Harga dari crates akan naik setiap kali melakukan pembelian (700/1400/2800/4200/5400/7000)
  • Kemudian, kamu akan mendapatkan secara acak salah satu crates antara Wanderer / Survivor / BIKER / DESPERADO. Bila ingin membuka DESPERADO, kamu butuh Early Bird Key yang bisa dibeli dengan uang.

Item crates ini tidak memiliki value dalam game selain memberikan penampilan kepada karaktermu, namun value dari item atau crates tersebut akan terlihat dari harganya di second marketplace yakni Steam. Seberapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan dari menjual rare item PUBG di Steam marketplace? Berikut adalah screenshot yang menunjukkan harga dari rare item.

Dengan menjual crates secara terbatas dapat menjaga value (harga) dari item tersebut dalam marketplace agar tetap tinggi sehingga para player akan melakukan banyak cara untuk dapat menguntungkan diri sekaligus berdampak adiktif untuk terus membeli crates ataupun membuat banyak akun kloningan agar mendapatkan lebih banyak crates. Bagaimana pendapatmu, sobat eSports.id?