Tebak Juara ESL One Katowice 2018

Kerjasama dengan Polisi, Berantas Cheater PUBG Sampai ke Akarnya

Rendy Lim
17/01/2018 10:35 WIB
Kerjasama dengan Polisi, Berantas Cheater PUBG Sampai ke Akarnya
Google Images

Akhir tahun lalu, raksasa game asal negeri Tirai Bambu, Tencent Games bersama dengan anak perusahaannya di Korea Selatan, PUBG Corp., telah mengisyaratkan untuk membuka gerbang masuknya PlayerUnknnown's Battleground, sebagai game bergenre battle royale paling populer tersebut, ke Cina.

Kerjasama antar kedua perusahaan ini juga sepertinya berujung pada upaya peningkatan kualitas permainan PUBG, mulai dari ekspansi server hingga pembasmian cheater. Tencent Games merupakan pilihan tepat dalam kaitannya dengan track record perusahaan tersebut yang sukses meluncurkan berbagai jenis game online baik untuk versi PC maupun mobile, dengan minim gangguan program ilegal.

"PUBG merupakan game terpopuler yang dimainkan saat ini," ungkap Steven Ma, Senior VP of Tencent Games' Interactive Entertainment Division. "Tencent Games berencana untuk menyediakan sarana dan operasional yang berkualitas tinggi untuk memberikan servis terbaik di Cina. Serta menawarkan hiburan yang tidak biasa bagi para pemain".

Menepati janji tersebut, melansir laporan via Bloomberg, Tencent Games mulai menjalankan aksinya dengan langsung memberantas cheater sampai ke akar-akarnya, yakni para pembuat dan penjual cheat. Dari laporan itu juga, hingga saat ini pemberantasan tersebut sudah mencapai 30 kasus dengan 120 penangkapan.

Sebanyak 1,5 juta player yang terpergok menggunakan cheat di PUBG telah di-banned. Kelompok cheater ini sangat beragam mulai dari mereka yang merancangnya, aimbots, dan wallhacks. Berkembangnya hack di PUBG sudah dimulai bahkan sejak game ini masih dalam tahapan early access via Steam, bulan Maret tahun lalu.

Berkembangnya cheater tentu menjadi masalah krusial bagi para pemain baru yang ingin menikmati PUBG, dan langkah pro aktif Tencent yang aktif memberantas cheater tentu akan mendapatkan apresiasi dari para pemain, mengingat Cina memiliki lebih dari 10 juta pemain aktif PUBG dalam 2 minggu terakhir. Angka sangat besar jika dibandingkan dengan 2 juta pemain aktif di AS, dan 8 juta sisanya tersebar di seluruh dunia.

Semoga apa yang dicanangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corp. terkait komitmennya untuk memberantas cheater dapat memberikan lingkungan permainan yang fair dalam PUBG, serta tidakan ini seharusnya dicontoh oleh developer lain. Bagi para pemburu chicken dinner, bagaimana menurutmu atas tindakan Tencent Games ini?