Kaskus Battle

Buka Divisi Esports League, PUBG Sinyalkan Turnamen Berbasis Liga

Rendy Lim
15/03/2018 11:40 WIB
Buka Divisi Esports League, PUBG Sinyalkan Turnamen Berbasis Liga
PUBG Corporation: Esports League Division

Alex Penn, mantan karyawan Blizzard Entertainment beberapa hari lalu mengunggah foto di twitternya dan menunjukkan hari pertama kerjanya di PUBG Corp di Santa Monica. Hal menarik yang menjadi perhatian dalam tweet tersebut adalah title pekerjaan Alex di PUBG. Diangkat sebagai Operation Manager eSports league, menimbulkan pertanyaan, apakah PUBG sedang berencana mengadakan eSports League buatannya sendiri?

Minggu lalu, dalam rencana pengembangan PUBG pada tahun 2018, selain fokus pada pengembangan fitur-fitur baru, memberantas cheater dan memperbaiki bug, PUBG Corp juga menaruh perhatiannya pada ekspansi serta realisasi konten eSports bagi para pemain dan fansnya.

Keinginan PUBG Corp untuk memasukkan game besutannya tersebut ke dunia eSports sebenarnya sudah terlihat sejak awal. Dimulai pada early access, PUBG berhasil diramaikan dengan tim-tim eSports besar yang membentuk divisi PUBG seperti, Team Liquid, Cloud9, dan Team Solo Mid. Selain itu, penyelenggara turnamen eSports seperti ESL, AfreecaTV, hingga StarLadder juga tampak sangat gencar mengadakan pertandingan PUBG. Hal tersebut membuat hype PUBG sebagai eSports semakin dilirik oleh para penikmat eSports.

Background Alex Penn:

Alex Penn memulai karirnya di salah satu tim League of Legends Championship Series (LCS) sebagai analyst untuk Cloud9 dan berlanjut sebagai head coach untuk Team Coast. Kemudian Alex berpindah ke Major League Gaming yang kemudian diakuisisi oleh Blizzard Entertainment, di sana dirinya bekerja sebagai League operations specialist hingga berpindah ke PUBG Corp saat ini.

Melihat pengalaman Alex sebelumnya, baik LCS dan Blizzard masing-masing fokus untuk mengurangi jumlah 3rd party yang mengadakan turnamen sehingga dapat lebih fokus pada turnamen atau liga yang dikontrol oleh developer. Direkurutnya Alex ke PUBG mungkin termasuk rencana PUBG Corp untuk menerapkan strategi serupa pada PUBG.

Selain itu, juga terdapat kemungkinan PUBG mengadakan turnamen yang berbasis franchise, sama seperti Overwatch League dan North America LCS yang sedang berlangsung saat ini. Peluang untuk mendapatkan investor dari luar eSports hingga perusahaan besar yang sudah terjuan terlebih dahulu di eSports membuat sistem ini tampak sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Langkah PUBG Corp untuk mulai membangun pondasi bagi divisi eSportsnya tahun ini terlihat dari keseriusan mereka dalam memberantas cheater, memperbaiki bug serta mengembangkan fitur-fitur yang diesensial dalam eSports. Mulai dari live spectator tool, replay system, hinga fitur MMR dan Overall ranking system,

Sobat eSports, bagaimana menurut pendapat kamu, apakah PUBG bisa menjadi Overwatch League selanjutnya?