Esports.ID

Fortnite vs PUBG, Rivalitas Battle Royale Terbaik

Rendy Lim
29/03/2018 13:23 WIB
Fortnite vs PUBG, Rivalitas Battle Royale Terbaik
Fortnite vs PUBG

Menggabungkan unsur survival, eksplorasi, berburu hingga menjadi last-man-standing membuat game dengan genre battle royale tampak sangat populer bagi para gamers saat ini. Game battle royale yang hadir saat ini merupakan gabungan dari beberapa genre game yang sudah ada sebelumnya.

Layaknya MOBA Dota2 yang fokus untuk mengembangkan satu hero, game battle royale  terdiri dari  elemen survival dan  shooter games berhasil menjadi game yang menarik untuk dimainkan ataupun ditonton.

Jika muncul pertanyaan, seberapa besar market pemain genre battle royale saat ini khususnya di PC Gamers? Menurut perusahaan gaming market analysis, NewZoo pada survey yang dilakukannya dibulan Februari 2018, 30 persen PC gamers bermain battle royale pada bulan tersebut.

Meskipun game battle royale yang dimainkan bervariasi mulai dari Fortnite, PlayerUnknown’s Battlegrounds, DayZ, hingga ARK: Survival of the Fittest serta survival game lainnya. Namun 2 game battle royale yang paling populer di kalangan gamers saat ini adalah Fortnite dan PlayerUnknown’s Battlegrounds.

Fornite sabet kepopuleran PUBG

Fornite berhasil menyambet kepopuleran PUBG pada bulan Februari dengan mencapai 16.3% dari total 30.1% player yang bermain genre Battle Royale, meninggalkan PUBG pada angka 14.6%. Sedangkan kedua game survival lainnya harus berada pada angka yang sangat jauh di bawah, ARK dengan 1,9% dan H1Z1 0,5%.

Selain berhasil melangkahi rivalnya dalam urusan most played battle royale game, Fortnite juga berhasil unggul dalam most watched battle royale game, unggul 6% pada angka 17.9% dan PUBG pada angka 11.8%.

Tidak berhenti di sana, kepopuleran Fornite juga melonjak pesat berkat streamer Ninja serta Drake yang berhasil memecahkan rekor penonton di Twitch.

PUBG: Pilihan di Asia

PC Gamers di Asia, khususnya di China masih menjadikan PUBG sebagai pilihan utama mereka untuk game battle royale. Total 52% PC player di China tercatat bermain PUBG sedangakan hanya 1% dari merekan yang bermain Fornite. Sedangkan di Perancis, kepopuleran Fornite berhasil mengalahkan PUBG dengan 29% PC Gamers yang lebih memilih Fornite melawan 8% pemain PUBG.

Bahkan, kepopuleran PUBG di China berhasil mengalahkan game Tencent, League of Legends yang saat ini menyisakan 23.3% pemain dan membuat PUBG memimpin jauh dengan 51.8%.

Royale Battle Mobile

Bagaimana dengan genre battle royale di mobile? Sebelum munculnya PUBG Mobile dan Fornite mobile, game bergenre battle royale di mobile berhasil didominasi oleh Knives Out dan Rules of Survival (Terminator 2 di China). Dominasi Terminantor 2 berlanjut dengan munculnya turnamen Terminator 2 International Super League (TSL) di China yang diikuti oleh 7 negara serta menawarkan prize pool sebesar USD855.000.

Tidak berhenti dalam dominasinya dalam konsol PC, Fornite dan PUBG menginvasi mobile gaming dengan game mereka. Dimulai dengan Fornite mobile yang diluncurkan pada awal Maret ini untuk iOS device, Fornite berhasil mendapatkan 6.5 juta global download di iOS device. Seminggu setelah itu, PUBG berhasil mengejutkan Fornite dengan dirilisnya PUBG Mobile untuk iOS dan Android dan mencapai 22.3 juta global download.

Persaingan antar developer untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki game battle royale terbaik dengan masuk ke berbagai perangkat yang ada, serta menawatkan berbagai gameplay menarik berhasil membuat para gamers bingung memilih game favorit mereka. Sobat eSports, manakah pilihan game battle royale favorit kamu, PUBG atau Fornite? atau keduanya?