GudangVoucher - Esports.ID

Katanya Tuntut Fortnite? PUBG Malah Tiru Fitur Fortnite yang Ini!

Rendy Lim
22/06/2018 00:12 WIB
Katanya Tuntut Fortnite? PUBG Malah Tiru Fitur Fortnite yang Ini!
PUBG Seasonal Event Pass

PlayerUnknown's Battlegrounds telah merilis map barunya akhir minggu lalu yakni Sanhok. Bersamaan dengan rilisnya mini map tersebut, PUBG Corp juga mengumumkan fitur baru yang sangat mirip dengan saingannya, Fortnite. Fitur subscribe yang disebut dengan seasonal Event Pass tersebut disinyalir memiliki kemiripan nyaris identik dengan Fortnite Battle Pass

Event pass tersebut merupakan limited-time add-on yang akan berlaku selama empat minggu dan memiliki harga sebesar 9.99 USD atau sekitar 140 ribu Rupiah. Tujuannya adalah menggiring pemain untuk mau login setiap hari dan menyelesaikan tantangan yang telah disediakan. Terdapat mission harian dan mingguan yang bisa membuat kamu naik level ketika menyelesaikannya. Hadiah eksklusif dapat kamu terima pada setiap pencapaian level dan hadiah yang kamu dapatkan tidak bisa ditemukan pada in-game store

Sama halnya dengan Fortnite Battle Pass yang memiliki harga 10 USD untuk tiga bulan. Dalam battle pass Fortnite terdapat 100 level yang dibagi ke dalam tier dan hadiah untuk kamu yang bisa menyeleasikan setiap tantangannya. Hadiah yang tersedia dalam battle pass juga tidak bisa kamu dapatkan dengan membeli. 

Pendekatan tersebut tampaknya memang sedikit berbeda terutama dalam faktor jangka waktu. Event pass yang hanya berlangsung selama empat minggu tersebut disediakan sebagai bagian dari promosi map terbaru mereka dan memberikan item ekslusif yang cocok digunakan pada map Sanhok. Special mission untuk Sanhok juga tersedia dalam Event Pass ini. Tujuannya, untuk membuat para pemain lebih mau bermain map baru dibanding kedua map sebelumnya. Selain itu, pada mobile version, pass tersebut bernama Royale Pass dan berharga 10 USD,  sedangkan untuk versi elitnya seharga 30 USD, yang memberikan kostum kelinci raksasa serta 20 free ranks. 

Melihat PUBG yang sudah berusaha menggunakan pendekatan yang dilakukan oleh Fortnite, maka secara tidak langsung pihak PUBG Corp  juga mengakui bahwa cara Epic Games dalam memperomosikan memang efektif, tidak hanya dalam segi ekonomi, namun juga untuk mempertahankan game battle royale untuk jangka panjang. 

Tampaknya, jika Fortnite selalu dituduh melakukan plagiat terhadap model dari battle royale PUBG, sekarang model inovatif dari Fortnite malah diadopsi oleh PUBG sebagai salah satu strategi marketing mereka. Hal ini lumrah terjadi, pasalnya Epic Games berhasil mendapatkan sekitar 300 juta USD pada bulan April kemarin dari hasil penjualan Battle Pass, skins, emotes, dan items lainnya. Serta pada turnamen E3 yang berlangsung minggu lalu, Epic juga mengumumkan bahwa saat ini pemain mereka telah mencapai 125 juta pemain. 

Sedangkan untuk PUBG, mereka baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 400 juta pemain di seluruh dunia, dan mayoritasnya berada di mobile, serta berdomisili di Cina. Sebagai perbandingan, Fortnite masih belum bisa dimainkan di Android, dan belum masuk ke daratan Negeri Tirai Bambu tersebut. 

Bagaimana menurut pendapat sobat eSports? Apakah seasonal Event Pass ini akan sesukses Battle Pass milik Fortnite? Bila harus memilih antara Battle Pass atau Event Pass, manakah yang lebih menarik?