KASKUS Battleground PUBG Mobile

Tarik Tuntutannya, Inikah Akhir Perseturuan PUBG dan Fortnite?

Rendy Lim
28/06/2018 12:58 WIB
Tarik Tuntutannya, Inikah Akhir Perseturuan PUBG dan Fortnite?
PUBG vs Fortnite

PUBG Corp., perusahaan di balik PlayerUnknown's Battlegrounds akhirnya mengkahiri 'perang' legalnya dengan sang pesaing, Fortnite, besutan dari Epic Games. Diketahui bahwa bulan lalu, PUBG Corp melayangkan tuntutan kepada Epic Games atas tuduhan plagiat dalam beberapa fitur dalam Fortnite yang memiliki kesamaan dengan PUBG.

Namun, ketika kita bahkan belum sempat mendengar perkembangan dari kasus tersebut, PUBG Corp yang mengirimkan surat tuntutan tersebut menarik kembali tuntutannya. Penarikan kasus antara PUBG dan Fortnite di pengadilan Korea Selatan menimbulkan cukup banyak pertanyaan apa alasan di balik penarikan tersebut. 

PUBG Corp membenarkan penarikan tuntutan tersebut, namun tidak memberikan alasan atau sedikitpun komentar tentang tindakannya tersebut. Apakah terjadi kesepakatan atau ada alasan lain antara kedua perusahaan ini. Representasi Epic Games dari Korea juga lebih memilih menutup mulut dan tidak memberikan penjelasan apa-apa mengenai kejadian ini. 

Mungkin salah satu alasannya adalah kedua perusahaan tersebut sama-sama berada di bawah kepemilikan perusahaan teknologi raksasa asal Cina, Tencent Holdings Ltd. Awal mula munculnya masalah tuntutan ini dipicu oleh tindakan PUBG Corp yang sudah terlebih dahulu melayangkan tuntutannya kepada Netease Inc, karena disinyalir telah meniru PUBG. Kedua game yang terkena tuntutan tersebut adalah Rules of Survival dan Knives Out

Kedua game ini, baik PUBG dan Fortnite memang memiliki konsep yang sama yakni mempertemukan 100 orang dalam satu tempat dan hanya ada satu pemenang dalam pertandingan tersebut. Fitur seperti safe zone juga sama-sama dimiliki oleh kedua game ini, namun perbedaan paling menonjol adalah fitur build yang dimiliki oleh Fortnite sebagai pembeda utama dengan game battle royale lainnya. Kemudian untuk membuat hal semakin rumit, PlayerUnknown's Battleground sebenarnya menggunakan Unreal Engine Tech yang disediakan oleh Epic Games.

Bagaimana menurut pendapat kamu sobat eSports? Cukup mereka yang melakukan tarik ulur yah, kamu dan perasaan kamu jangan ditarik ulur juga.