Esports.ID

Kehilangan Separuh Pemain, Lari Kemanakah Player PUBG?

Rendy Lim
23/06/2018 01:13 WIB
Kehilangan Separuh Pemain, Lari Kemanakah Player PUBG?
PlayerUnknown's Battlegrounds

Pada awal tahun 2018, pemain PlayerUnknown's Battlegrounds berada pada puncak dengan total jumlah 3.2 juta pemain di Steam. Namun sayangnya hal tersebut bukanlah momentum PUBG untuk semakin naik, karena sejak itu jumlah pemain PUBG terus menurun setiap bulannya sampai setengah jumlahnya dan tersisa 1.7 juta pemain hingga saat ini. 

Memprihatinkan? Tentu saja, mengingat PUBG merupakan pionir dari battle royale survival namun kini harus alami penurunan minat di tengah ketatnya persaingan game yang bergenre sejenis. Kamu bisa mengecek jumlah pemain PUBG saat ini melalui website tracking seperti di Steamcharts . 

Mungkin sobat eSports masih ingat ketika pertama kali PUBG dirilis versi early access pada Steam dan berhasil memecahkan rekor-rekor bahkan memecahkan sejumlah world records. Memang tidak mengejutkan untuk game-game populer mengalami penurunan, namun bagi PUBG yang berhasil memperoleh beragam penghargaan tersebut, hal ini tentu sedikit mengecewakan. 

Tenang saja, bagi kamu yang masih aktif bermain PUBG di Steam, dengan total 1,7 juta pemain, hal tersebut tidak akan berpengaruh banyak di game terutama saat mencari pemain. Bahkan beberapa game masih dapat 'hidup' hanya dengan jumlah pemain aktif sekitar 10% dari angka tersebut. 

Menjadi lumrah untuk pertama kalinya, PUBG memberikan sale kepada gamenya untuk meningkatkan penjualan baik di PC ataupun Xbox One. Tentunya kita berharap sale tersebut dapat membantu menggaet pemain baru dan menambah jumlah pemain dari PUBG

Meski bukan lagi menjadi game battle royale paling populer untuk saat ini, namun tidak dipungkiri bahwa PUBG masih berada di most played game di Steam. Saingan terbesarnya Fortnite berhasil memimpin sebagai battle royale game paling populer dengan salah satu alasannya adalah karena  Fortnite memberikan akses free to play bagi para player. 

Memang, PUBG mulai harus mengakui bahwa Fortnite lebih dapat menarik perhatian pemain battle royale. Baru-baru ini juga, PUBG Corp merilis fitur baru yakni Event Pass menyertai perilisan map barunya. Fitur Event Pass tersebut tampak sangat mirip dengan Battle Pass yang ditawarkan oleh Fortnite bagi pemainnya. 

Bagaimana menurut pendapat sobat eSports? Beralih ke Fortnite atau tetap setia dengan PUBG