KASKUS Battleground PUBG Mobile

Waspada Marak Pencurian Akun PUBG, Ini Tips Biar Aman!

Rendy Lim
05/09/2018 13:20 WIB
Waspada Marak Pencurian Akun PUBG, Ini Tips Biar Aman!
PlayerUnknown's Battlegrounds

Ketika membahas tentang keamanan akun game milikmu, tentu saja tidak jauh dari rasa ketakutan dengan serangan dari para hacker. Melindungi player-nya dari serangan hacker juga menjadi salah satu perhatian dan tugas dari developer agar memberikan rasa aman serta nyaman. 

Salah satu sasaran para hacker adalah game battle royale yang saat ini sedang populer, yakni PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Bluehole, selaku developernya, melihat tren meningkatnya aktivitas dan laporan pencurian akun PUBG, sehingga mereka pun segera memberikan saran bagaimana player bisa mengamankan apa yang seharusnya milik mereka. 

Melalui Steam blog-nya, PUBG membahas tentang peningkatan pencurian Steam account yang terjadi akhir-akhir ini. Para pencuri yang telah mendapatkan akses ke akun Steam seringkali langsung mengubah alamat email yang terhubung dengan akun tersebut, sehingga membuat pemilik aslinya tidak mungkin dapat kembali mendapatkannya. 

Akun curian tersebut biasanya digunakan untuk menjalankan program ilegal dan bisa berakibat banned meski pemilik aslinya berhasil mendapatkan kembali akun mereka. Bekerjasama dengan Steam, PUBG memberikan saran berupa cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan proteksi akun terhadap para pencuri di luar sana. 

Pengunaan Steam Guard adalah contohnya, ketika fitur keamanan ini diaktifkan, maka akan diperlukan special one-time access code yang akan dikirimkan secara langsung ke email, ataupun perangkat smartphone kamu. Ini artinya, si pencuri yang berusaha mengakses akun steam kamu wajib butuh akses ke email atau smartphone kamu terlebih dahulu. Kode ini akan selalu diminta setiap kali akun kamu diakses menggunakan perangkat yang tidak dikenal oleh Steam

Ini cara mengaktifkan Steam Guard bagi kamu yang belum mengetahuinya: 

  • Buka Account Details, untuk mengakses Steam Guard
  • Klik "Manage Steam Guard"
  • Cek email atau smartphone kamu untuk otentikasi

Kamu juga bisa memasukkan nomor telepon kamu sebagai mobile authenticator demi meningkatkan faktor keamanannya lagi. 

Bagi kamu yang belum mengaktifkan Steam Guard, lakukan segera yah sobat eSports, dan share informasi ini kepada teman-teman kamu yang mungkin belum mengaktifkan fitur ini di akun Steam mereka. Yuk, jaga akun kamu, karena pasti sakit rasanya kan kalau akun Steam kamu di-hack dengan banyak game di dalamnya?