Esports.ID

Pekan Ini, Acara Puncak PINC 2018 Digelar di Britama!

MalZaHar
17/10/2018 13:58 WIB
Pekan Ini, Acara Puncak PINC 2018 Digelar di Britama!
Jawara PINC 2018 Indonesia Siap Menapak ke PUBG Mobile Star Challenge!

Hiburan kekinian yang siap menghangatkan suasana akhir pekan kamu, para fans gamer dari PUBG Mobile! Karena tim-tim terkuat yang mampu lalui persaingan ketat di babak kualifikasi 12 kota besar seluruh Indonesia telah siap beradu nyali lagi di acara puncak perhelatan PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC), 20 – 21 Oktober 2018, bertempat di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ke-12 tim sebagai pemenang dari masing-masing kualifikasi kota yang telah berlangsung sejak bulan Agustus lalu, berpeluang meraih hadiah sebesar Rp.188.500.000, untuk juara pertama di Grand Final PINC 2018. Sekaligus merebut titel bergengsi 'The Strongest Squad in Indonesia' dan berhak wakili Indonesia di ajang internasional, Global Final PUBG Mobile Star Challenge 2018, yang akan berlangsung di Dubai.

“Event ini bertemakan squad-up, yang tidak hanya berlaku untuk partisipan saja tetapi juga bagi semua stakeholders eSports di Indonesia,” kata Oliver Ye, selaku SEA Director dari Tencent Games, dalam rilis pers yang kami terima. “Bersama dengan semua stakeholders, PINC sedang membuat ecosystem yang lengkap untuk Indonesia eSports, mulai dari pemain, tim, liga, serta fans, dan juga sponsor.”

Beliau juga menambahkan bahwa kompetisi ini merupakan bagian untuk menciptakan animo masyarakat melalui PUBG Mobile dan berharap mendapatkan dukungan yang luas dari masyarakat agar talenta-talenta baru di eSports tumbuh semakin banyak. Apalagi di Asian Games 2018, eSports sudah mulai dipertandingkan sehingga makin tumbuhnya tumbuhnya kompetisi PUBG bakal memacu eSports ke level yang lebih tinggi lagi, sampai membawa harum nama Indonesia di tingkat Asia, bahkan Dunia.

PUBG Mobile Indonesia, Journey to The Champion!

PINC 2018 merupakan turnamen resmi pertama untuk PUBG Mobile yang diadakan di 12 kota di Indonesia sebagai babak qualifier, untuk mencari squad terbaik dari penjuru negeri. Setiap pemenang dari masing-masing kota akan berkumpul di Grand Final yang akan diadakan di Jakarta. Squad-squad tersebut akan bertarung lagi untuk membuktikan siapakah yang pantas untuk menjadi Squad terbaik se-Indonesia!

Salah satu tujuan PINC 2018 adalah untuk memfasilitasi komunitas yang merupakan akar dari eSports ecosystem. Selain itu, faktor sponsor yang juga menjadi bagian penting dari ecosystem pada PINC 2018 ini adalah Oppo, Nimo, dan Torabika Cappuccino.

Babak qualifier pertama kali diadakan di Jakarta pada 12 Agustus 2018, disusul Bekasi (18/08), Tangerang (19/08) dan Bogor (26/08). Pemenang-pemenang di keempat kota ini berasal dari organisasi eSports besar yang sudah punya nama seperti Bigetron, PG.BarracX, BOOM ID, dan RRQ.

Kota Semarang menjadi kota pertama yang memulai babak qualifier di bulan September, kemudian disusul oleh Jogja (02/09), Surabaya (8/09) dan berakhir di Bali untuk merampungkan babak qualifier di Pulau Jawa & Bali, yang berlangsung 9 September 2018. Namun di Semarang, juara kualifikasi kota ini tidak berasal dari organisasi besar eSports. Bahkan, tim Lafamily Nostra saat bertanding tidak menggunakan jersey tim. Sedangkan untuk Jogja, pemenangnya dari organisasi eSports ternama asal Jogja, Juggernaut Gaming.

Kota Surabaya agak mirip dengan Jogja, di mana pemenangnya, SFI45 merupakan bagian dari organisasi eSports besar, SFI Esports. Sedangkan di Bali, pemenangnya adalah tim Kuma, sama dengan pemenang dari Semarang bukan bagian dari tim eSports besar.

Setelah itu, kualifikasi di Pulau Sumatera berawal di Kota Medan (15/09), berlanjut ke Palembang (22/09), terus ke Pekanbaru (23/09). Babak qualifier ini ditutup dengan diadakannya pertandingan penutup yang diadakan di Paris Van Java, Kota Bandung (29/09).

Pemenang babak qualifier mendapatkan hadiah sebesar IDR 4.200.000 untuk Juara 1, sementara Juara 2 mendapat IDR 2.100.000, dan Juara 3 memperoleh IDR 1.400.000, sedangkan Juara 4 menerima IDR 700.000. Titel predikat pemain paling brutal alias Terminator di tiap kota berhak mendapatkan hadiah OPPO F9, persembahan dari OPPO berkat prestasinya.

Hanya pemenang pertama yang langsung mendapat tiket bertanding ke Grand Final yang diadakan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Peserta Grand Final terdiri dari pemenang pertama di 12 kota, tiga tim undangan, dan satu wild card. Jadi total peserta Grand Final sebanyak 16 tim.

Pertandingan yang sudah dilakukan di 12 kota menunjukkan besarnya minat masyarakat. Penonton live streaming dari pertandingan babak qualifier ternyata mencapai 2.5 juta penonton. Dengan total tim yang terlibat sebanyak 720 tim. Selain itu, PUBG Mobile Community juga mencerminkan minat masyarakat yang sangat besar, yang mana saat ini pengguna aktif mencapai 20 juta Daily Active Users.

Pada Grand Final diharapkan jumlah penonton live streaming mencapai 100 ribu penonton. Sementara itu, fans yang hadir pada saat acara puncaknya diprediksi akan mencapai angka tiga ribu orang. Selain kompetisi, ada hal menarik lain yakni bagi fans yang hadir di Grand Final PINC 2018 akan diberikan free merchandise seperti lanyard, keychain acrylic, PUBG-M sticker set, goodie bag, jersey pinc + ingame items (via lucky draw). Dan yang tak kalah menggiurkannya adalah Grand Prize dengan hadiah utama OPPO F9.

Setelah PINC 2018, Tencent juga siap mengadakan PUBG Mobile Campus Competition dan PUBG Mobile Indonesia PRO League. Mengenai tayangan live streaming pertandingan, bisa kamu saksikan via Nimo TV dan Facebook Fanpage resmi PUBG Mobile Indonesia.

PUBG Indonesia Nasional Championship 2018

PINC 2018 adalah turnamen resmi bergengsi untuk game PUBG, game popular di Indonesia. Diadakan oleh Tencent yang merupakan Developer PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) yang dipersembahkan oleh Mineski Indonesia, Tdengan sponsor dari OPPO, NimoTV dan Torabika Cappucino. Turnamen berskala nasional yang diselenggarakan di 12 kota ini juga merupakan ajang kolaborasi esport PC dan mobile di Indonesia. PINC 2018 menjadi wadah bertemunya para gamers berkompetisi untuk menuju ke turnamen berskala internasional.

Tentang Tencent

Didirikan pada November 1998, Tencent adalah penyedia layanan internet terdepan di China. Sejak didirikan, Tencent telah mencatatkan pertumbuhan yang stabil di bawah strategi operasi yang berorientasi pada penggunanya. Pada 16 Juni 2004, Tencent Holdings Limited (SEHK 700) menjadi perusahaan yang melantai di bursa Efek Hong Kong. Misi Tencent adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui layanan internet. Saat ini Tencent menyediakan berbagai platform sosial dan layanan konten digital dengan strategi “Connection”. Di China, Tenncet adalah pemimpin diberbagai layanan platform – QQ (QQ Instant Messenger), Weixin/Wechat, QQ.com, QQ Games, Qzone, and Tenpay – dan Tencent telah berhasil memenuhi kebutuhan pengguna internet terbesar di China diantaranya adalah communication, information, entertainment, financial services dan lainnya.

Tentang Masters Events Team

MET (Master Events Team) adalah organisasi yang memiliki spesialisasi penyelenggaraan dan promosi turnamen Esport di Asia Tenggara yang berbasis di Filipina. Saat ini, MET memiliki cabang di Malaysia, Indonesia dan Thailand. MET secara profesional telah banyak menangani event-event besar di Asia Tenggara.