Smartfren

Tirukan Aksi PUBG, Remaja 'Tak Sengaja' Bunuh Temannya

Rendy Lim
26/11/2018 14:54 WIB
Tirukan Aksi PUBG, Remaja 'Tak Sengaja' Bunuh Temannya
PlayerUnknown's Battlegrounds

Kasus ini terjadi di Erbil, sebuah provinsi yang terletak di Iran, di mana seorang remaja Kurdish diamankan oleh polisi, setelah dirinya 'tidak sengaja' menembakkan shotgun dan membunuh temannya. 

Kejadian ini bermula ketika enam orang remaja yang memutuskan untuk melakukan piknik dan menginap di rumah salah satu temannya, di mana mereka menemukan senjata api tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk pulang, salah satu dari mereka memberikan ide untuk menirukan gaya PUBG dengan shotgun tersebut dan memvideokannya. 

Sebelum terjadi tembakan tersebut, enam remaja itu mengaku ke polisi bahwa mereka semua tidak ada yang menyadari bahwa shotgun tersebut berisi peluru. Setelah bermain dengan shotgun tersebut beberapa kali, seseorang dari mereka menembakkan senjata itu ke temannya yang bernasib nahas dan meninggal seketika. 

Korbannya adalah Aso Azad Mohammed, berumur 22 tahun. Kelima temannya ditahan oleh polisi setelah mengetahui bahwa mereka sedang memperagakan aksi permainan dalam PUBG, yang mana game ini pernah menyebabkan kontroversi sebelumnya di Kurdistan

Pada bulan Oktober silam, kelompok muslim di Kurdistan memberi cap 'haram' untuk bermain PUBG lebih dari 'beberapa menit' sehari, atau jika sampai menganggu tanggung-jawab sehari-hari seseorang. Keputusan ini diambil saat pertemuan antar Fatwa Committee of Sulaimani, setelah banyak komplain dari anggota keluarga atau kerabat orang-orang yang kecaduan bermain game dan menimbulkan masalah keluarga. 

Kelima pemuda tersebut dijerat hukuman berdasarkan Article 205 of the Iraqi penal code, yang berbunyi, 'Setiap orang yang secara sengaja membunuh orang lain akan dihukum seumur hidup di penjara atau dengan jumlah tahun yang ditentukan'. Meskipun sepertinya berdasarkan laporan remaja-remaja tersebut, mereka tidak melakukan tindakannya dengan sengaja. 

Sebenarnya, setelah kasus seperti ini terjadi, susah juga untuk menyalahkan pihak siapa yang bersalah karena masing-masing individu harus punya kontrol diri dan tidak menanggapi suatu hal secara berlebihan, misalnya dalam hal ini permainan di PUBG. Bagaimana kita menanggapinya adalah menjadi resiko sendiri yang harus berani kamu tanggung pula.

Jadi, bagi Sobat Esports, bijaklah dalam bermain game yah! Hal yang tidak boleh dicoba dalam kehidupan sehari di luar game, jangan pernah dilakukan karena resikonya tentu akan sangat besar. Jadilah pemain yang bijak!