Esports.ID

Tiru India, 'Jam Main' PUBG di Indonesia Juga Dipangkas?

Rendy Lim
26/03/2019 16:14 WIB
Tiru India, 'Jam Main' PUBG di Indonesia Juga Dipangkas?
PlayerUnknown's Battlegrounds

Sembari menunggu keputusan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal fatwa gim PUBG, Kementrian Komunikasi dan Informatika sempat mengeluarkan wacana untuk memberlakukan batasan umur dalam bermain PUBG, yakni minimal 18 tahun. 

Namun kemudian muncul ide lain yang juga mungkin diterapkan yakni pembatasan jam bermain. Langkah ini pun dilihat oleh Kominfo sebagai jalan keluar yang cukup ideal untuk diterapkan di Indonesia. 

Saat ini, MUI sedang melakukan diskusi dengan berbagai pihak untuk mengkaji sisi positif dan negatif dari PUBG. Lantas menentukan apakah perlu mengeluarkan fatwa haram kepada gim battle royale ini. Keputusan tersebut mungkin akan memakan waktu dan setidaknya paling cepat 1 bulan karena butuh konsultasi dengan berbagai pihak. 

Langkah untuk membatasi jam bermain sebenarnya sudah diterapkan oleh PUBG di India sejak tanggal 21 Maret 2019. Di India, gim PUBG sempat dilarang pada beberapa daerah karena dianggap jadi sumber untuk beragam masalah sosial yang terjadi. Developer gim PUBG langsung usulkan sistem pembatasan waktu bermain dengan harapan dapat mengedukasi kegiatan bermain gim yang seimbang serta bertanggung jawab. 

Indonesia juga melirik ide menarik ini, seperti yang diungkapkan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemkominfo Semuel Pangerapan kepada CNN, bahwa pembatasan waktu bermain gim bisa menjadi solusi selain menerbitkan fatwa haram.

Tapi, selain PUBG, agar adil maka Semuel ungkapkan juga akan melakukan pertimbangan atas pembatasan waktu bermain gim-gim lainnya juga. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya mempertanyakan apakah para gamer bersedia untuk dibatasi waktu bermainnya.

Meskipun sudah memiliki Indonesia Game Rating System (IGRS), Indonesia tampak masih kewalahan untuk mengatur pemain 'nakal' yang bermain gim tidak sesuai dengan umurnya. Mungkin pembatasan jam bermain ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat?

Bagaimana pendapat sobat esports, apakah kamu setuju dengan pembatasan jam bermain yang direncanakan oleh Kominfo?