IESF

Dianggap Adiktif, Negara Ini Resmi Blokir Gim PUBG!

Rendy Lim
12/04/2019 11:16 WIB
Dianggap Adiktif, Negara Ini Resmi Blokir Gim PUBG!
PlayerUnknown's Battlegrounds

Pemahaman akan seberapa berbahayanya kadar adiktif dari gim PUBG terhadap pemainnya menjadi sangat serius di beberapa negara. Bulan lalu, India sempat memutuskan adanya pelarangan bagi masyarakat mereka untuk memainkan PUBG Mobile, karena faktor kecanduan gim ini dituding sebagai penyebab dari beberapa masalah sosial yang terjadi di negara tersebut. 

Namun, pemblokiran PUBG Mobile di India hanya bersifat sementara dan kini kebijakan itu sudah diangkat di akhir bulan lalu. Beda lagi di Nepal, pelarangan atas gim besutan Tencent Games ini malah sepertinya bakal berlangsung lama, bahkan mungkin permanen.

Efektif mulai hari ini (12/4), PUBG secara resmi merupakan gim terlarang di Nepal. Berdasarkan pemberitaan via Kathmandu Post, tindakan pemblokiran ini muncul setelah Nepal Metropolitan Crime Division mengisi Public Interest Litigation di Kathmandu District Court pada hari Rabu (10/4) silam. Satu hari setelahnya, Nepal Telecomunication Authority langsung meminta semua Internet Service Provider dan Mobile Service Provider untuk memblokir gim tersebut. 

Kepala divisi Metropolitan Crime, Dhiraj Pratap Singh, mengatakan kepada Kathmandu Post bahwa mereka menerima cukup banyak komplain dari orang tua, sekolah, dan asosiasi masyarakat mengenai dampak dan efek negatif dari PUBG Mobile kepada anak-anak. Selain itu, mereka juga telah mengadakan diskusi dengan psikiater sebelum mengirim permintaan ke Kathmandu District Court untuk melakukan pemblokiran.

Menariknya, tindakan pemblokiran ini hasil masukan psikiater yang dimintai pendapat oleh pihak otoritas di Nepal. Ketika melakukan konsultasi dengan psikiater tersebut, mereka diberitahukan bahwa kekerasan dalam gim dapat membuat pemainnya bertindak agresif di kehidupan nyata. Padahal studi serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya, oleh banyak peneliti dari berbagai negara, yang tegas menyatakan tidak ditemukan adanya hubungan antar kekerasan dalam gim dengan tindakan agresif pada kehidupan sehari-hari.

Bagaimana sobat esports, tampaknya pemerintah Nepal sudah memutuskan untuk memblokir PUBG Mobile karena pernyataan dari psikiater yang berpikiran bahwa suatu gim dapat mempengaruhi tindakan agresif dari pemainnya. Apakah kamu setuju dengan hal ini?