IESF

5 Trik Shroud Saat Bermain PUBG yang Bisa Kamu Coba!

Rendy Lim
25/04/2019 11:41 WIB
5 Trik Shroud Saat Bermain PUBG yang Bisa Kamu Coba!
PlayerUnknown's Battlegrounds; Shroud

Ikuti gaya bermain para pro player tampaknya adalah langkah tepat bagi kamu yang tidak ingin menghabiskan waktu belajar secara otodidak. Mempelajari tips dan trik saat mereka sedang bertanding, baik dari cuplikan saat turnamen ataupun via streaming, pastinya ada hal baru yang dapat kamu pelajari dari permainannya. 

Hal ini hampir berlaku untuk semua gim esports, termasuk PUBG. Genre battle royale yang terhitung baru akan membuat mereka yang baru pertama kali mencobanya mungkin tidak mengetahui sama sekali apa yang harus mereka lakukan. Salah satu streamer populer yang bisa kamu tonton untuk mendapatkan tips dan trik tersebut adalah Michael "Shroud" Grzesiek. 

Shroud merupakan mantan pro player CS:GO yang saat ini beralih menjadi streamer serta bermain gim-gim populer seperti PUBG dan Apex Legends. Berikut adalah 5 tips yang dikumpulkan oleh newsbytesapp dari live streaming Shroud untuk membantu kamu lebih gampang mendapatkan chicken dinner di PUBG

  • Pendaratan Ideal

Kebanyakan dari pemain PUBG hanya menentukan untuk mendarat di lokasi mana, misalnya pochinki. Namun, apa yang dilakukan oleh Shroud lebih dari hanya sekedar menentukan lokasi pendaratan, namun mencari lokasi ideal yang akan membantu Shroud untuk mendapatkan persiapan awal lebih mantap. 

Pastinya kamu setuju jika player yang mendapatkan looting maksimal pada awal permainan akan memiliki keuntungan hingga akhir game. Nah, kamu bisa mencoba untuk mencontoh Shroud yakni dengan mendarat persis di depan rumah atau bangunan, lebih tepatnya depan pintu atau jendela. Hal ini tidak hanya mudahkan akses masuk ke bangunan tersebut, namun juga melindungi kamu dari musuh yang mungkin sudah terlebih dahulu mengintai di sana. 

  • Terus Bergerak 

Strategi untuk diam mengintai dan menunggu musuh memang tidak 100% salah. Banyak profesional player yang bahkan menggunakan strategi ini saat turnamen, dan berhasil! Namun ini semua tergantung dengan kerjasama tim dan banyak faktor lainnya. Karena kerap kali Shroud bermain sendiri saat live streaming, tentu saja dengan terus bergerak akan meningkatkan peluang dia untuk bertahan daripada diam menunggu musuh.

Tips yang bisa kamu coba dari Shroud adalah benar-benar tidak diam di satu tempat bahkan ketika sedang melakukan looting. Diam menjadikan dirimu sasaran empuk bagi musuh yang sebelumnya sudah mengetahui tempat tersebut, lalu memutuskan untuk menjadikan tempat itu sebagai perangkap. Setidaknya, jika kamu aktif bergerak maka kesempatan untuk mati dalam satu kali tembak sangatlah kecil.

Selain itu, usahakan tidak bergerak dalam satu garis lurus ketika berjalan. Hal tersebut bisa menjadikan kamu sasaran empuk dari musuh yang menggunakan sniper.

  • Jadilah Pemburu, Bukan yang Diburu!

Jika kamu sering memantau live streaming Shroud saat bermain PUBG, pastinya sadar kalau dirinya akan lebih sering menemukan musuh terlebih dahulu, ketimbang sebagai buruan. Hal ini bisa terjadi karena Shroud aktif bergerak sepanjang permainan, membuat dirinya sadar dengan keadaan sekitar dan dapat mengantisipasi serangan musuh.


Selain itu, bergerak aktif sepanjang permainan sambil berburu bisa meningkatkan kualitas dari armor dan senjata milikmu. Tentunya kamu memerlukan senjata dan armor terbaik untuk bisa bertahan hingga akhir permainan, bukan? Jadi tidak ada salahnya bila memburu musuh sebelum kamu yang jadi sergapan mereka. 

  • Latih Membidik dan Percepat Reflekmu!

Sebagai mantan pemain pro CS:GO, kemampuan membidik dan daya reflek yang dimiliki Shroud memang tidak perlu diragukan lagi. Musuh yang ditemuinya seringkali bahkan tidak mendapatkan kesempatan sama sekali untuk mengetahui arah tembakan dan melakukan serangan balasan. Sayangnya, trik dalam membidik dan reflek ini bukan hal yang bisa langsung kamu tiru hanya dengan melihat Shroud bermain. 

Kamu perlu belajar membiasakan diri untuk dengan cepat melakukan scoping dan memprediksi arah gerakan musuh agar dapat menghasilkan tembakan yang efektif. Kecepatan reflek saat menembak dan keakuratan player dalam melakukan quick scoping menjadi gap yang membedakan player pro PUBG dan para amatir. 

  • Antisipasi Gerakan Musuh

Selain kemampuan untuk dapat melakukan quick scope dan reflek cepat, hal pembeda lain antara pemain pro dengan amatir di PUBG adalah kemampuan untuk memprediksi gerakan lawan. Bukan hal yang tidak mungkin untuk melakukan prediksi tersebut jika kamu memiliki 'jam terbang' tinggi. Misalnya, saat baku tembak terjadi dan dirimu bersembunyi, kamu dapat memprediksi apakah dia memilih untuk menerobos ke arahmu atau melemparkan granat.

Kondisi lain yang mungkin kamu temukan adalah player yang menggunakan smoke grenade untuk kabur atau mendekat ke arahmu. Jika strategi ini bisa dibaca, pastinya kamu akan mempunyai waktu cukup untuk melakukan counter dibanding hanya panik dan masuk ke dalam perangkap mereka. 


Pastinya kamu juga perlu mencoba sendiri dalam game untuk bisa menguasai trik-trik tersebut. Memang tidak semuanya akan langsung berjalan sesuai dengan kemauanmu pada beberapa percobaan awal, namun ingat 'practices make perfect'. Selain mempelajari trik-trik dari profesional player dan streamer, kamu juga harus bisa menyesuaikan tips dan trik tersebut dengan gaya permainan kamu yah!

Saatnya pantengin video streaming Shroud dan langsung terapkan strateginya dengan bermain PUBG yah sobat esports! Semoga makin lancar chicken dinner-nya setelah ini!