First Warriors

PUBG Corp Tunjukkan Cara Mereka Menangkap Cheater

Rendy Lim
15/07/2019 16:09 WIB
PUBG Corp Tunjukkan Cara Mereka Menangkap Cheater
PlayerUnknown's Battlegrounds

Sejak dirilis pada tahun 2017 silam, gim battle royale PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) memang dihadapakan pada para cheater yang tampak tidak pernah ada habis-habisnya. PUBG Corp. pun harus lakukan berbagai cara guna menekan penggunaan cheat hingga 'akar-akarnya'. 

Bekerja sama dengan aparat keamanan untuk menangkap para pembuat cheat dan memberikan hukuman yang berat kepada mereka berhasil menurunkan angka penggunaan cheat dalam gim ini. Namun sebelum mencapai tahap tersebut, ada langkah-langkah yang terlebih dahulu dilakukan oleh PUBG Corp untuk menangkap para pemakai cheat di gim, agar memberi rasa nyaman dan sportif bagi seluruh pemain. 


Dalam video di atas, PUBG Corp menerangkan bagaimana tahapan kerja tim anti cheat mereka saat menanggapi dengan cepat setiap laporan cheat hingga menciptakan program yang bisa mendeteksi keberadaan cheat. 

Unit anti cheat PUBG bergantung pada laporan dari pemain serta program internal guna mengindentifikasi cheat. Setelah mendapatkan laporan tentang sebuah cheat, tim akan langsung mencari aplikasi third party ataupun alat yang digunakan untuk memfasilitasi cheat tersebut. Engineer kemudian melakukan percobaan untuk mengetahui cara kerja cheat tersebut sembari tim lainnya menyiapkan sanksi kepada pemain yang ketahuan menggunakannya.  

Selain analisa secara manual, anti cheat unit juga memiliki tim yang mengembangkan teknik machine-learning untuk mengembangkan algoritma agar lebih mudah mendeteksi adanya cheat. Nantinya sistem AI bekerja dengan data-data yang dikumpulkan dari setiap match. 

Para pembuat cheat akan terus berusaha mengembangkan program untuk menghindari deteksi dari program anti cheat, maka dari itu para engineer di unit anti cheat mengembangkan program yang rumit agar software ilegal tidak mudah masuk ke dalam gim. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu masih sering bertemu dengan cheater di PUBG