Esports.ID

Unik! TNI AU Gelar Simulasi Perang Layaknya Gim PUBG

Billy
13/09/2019 16:52 WIB
Unik! TNI AU Gelar Simulasi Perang Layaknya Gim PUBG
cnn.indonesia, nextren.grid, kompas

Ada yang unik kala Prajurit Korpaskhas TNI Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta menggelar simulasi latihan perang jarak dekat pada Sabtu lalu (7/9).

Sekitar dua belas pasukan khusus Bravo 90 Angkatan Udara  dibagi menjadi tiga kelompok untuk menjalani situasi pertempuran layaknya sedang berada di gim mobile populer, PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds).

Para prajurit kebanggan Indonesia tersebut memulai simulasi dengan terjun bebas dari pesawat angkut bermuatan sedang CN295 dari ketinggian 8000 kaki. Menggunakan parasut, mereka mendarat disekitar area larangan markas Wing 1 Paskhas Jakarta.

Ada pun alasan konsep tersebut diadaptasi kedalam simulasi menurut Kasubdispenum Angkatan Udara Kolonel Sus M Yuris karena "mirip dengan taktik dan strategi militer dalam strategi infiltrasi dalam suatu area atau sasaran yang kita ingin netralisir," seperti dilansir dari nextren.grid.id.

Beliau menambahkan simulasi ini juga sangat berbeda dari biasanya. "Di simulasi ini kita menggunakan pasukan khusus, pasukan khas. biasanya kalau di militer cuma ada dua kubu saja yang berhadapan, penyerang dan berhadapan, jadi kalau di permainan PUBG ini mereka saling berhadapan, jadi banyak pihak, itu perbedaannya" lanjut Kolonel M Yuris.

Persenjataan di latihan kali ini juga di persiapkan menyerupai gim PUBG agar suasana battle royale seperti gim online populer tersebut semakin terasa.

Selain melatih ketangkasan dan ketajaman berperang para prajurit khusus, simulasi ini bertujuan memberi pengetahuan kepada jurnalis saat meliput di zona tempur. 

Wih salah satu penerapan positif gim online PUBG nih. Semoga makin banyak orang yang melihat sisi postif gim dalam kehidupan yah. Ada yang konsep gim apalagi yang digunakan di dunia militer?